Kesehatan

11 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui karena buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan telah teruji.

11 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Asam jawa buah yang memiliki nama latin tamarindus indica ini mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat, dengan rasanya yang khas yaitu masam ternyata selain digunakan untuk campuran bumbu asam jawa bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita karena kandungan nutrisi di dalamnya. Ketahuilah manfaatnya adalah sebagai berikut :

1. Membantu Sistem Saraf Supaya Bekerja Lebih Baik.
Jika tubuh kekurangan thiamin, maka anda akan sering merasa mati rasa dan otot-otot terasa lemah. Kandungan Vitamin B yangterkandung dalam asam jawa, memainkan peran penting dalam fungsi tubuh termasuk saraf dan aktivitas otot.

2. Menjaga Kesehatan Tulang.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi potasium tinggi dan magnesium memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada yang tidak. Dengan demikian jika kita mengkonsumsi asam jawa, maka secara alami tubuh anda akan meningkatkan asupan magnesium.

3. Membantu Mencegah Sembelit.
Jika anda mendapat masalah kesehatan seperti sembelit, maka anda bisa mencoba mengobatinya dengan konsumsi asam jawa. Tamarind atau asam jawa juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kelancaran pencernaan.

4. Mengontrol Tekanan Darah.
Karena pada Setiap 100 gram asam mengandung 2 kali lebih banyak kalium di banding pisang. Kalium sendiri bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol efek natrium pada tubuh sehingga tekanan darah akan tetap normal.

5. Mencegah Anemia.
Dengan mengkonsumsi asam secara rutin maka akan membantu anda melawan anemia, karena kandungan zat besi yang tinggi terkandung di dalamnya sehingga kita terhindar dari anemia atau kekurangan zat besi.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol.
Selain thiamin, kandungan niacin juga terdapat dalam asam. Niacin sendiri berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

7. Membantu Untuk Menghasilkan Energy.
Kandungan Riboflavin dalam asam jawa akan membantu melepaskan energi dari karbohidrat di dalam tubuh kita.

8. Membantu Proses Pembekuan Darah.
Tamarind juga mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium ( dengan bantuan vitamin K ) memiliki peran penting dalam proses pembekuaan darah pada luka, sehingga dengan kita mengkonsumsi tamarind maka akan membantu tubuh untuk menghentikan perdarahan saat luka.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan.
Asam juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan secara alami, karena kandungan asam hidroksisitrat atau HCA berfungsi menghambat enzim yang membantu menyimpn lemak didalam tubuh dan membantu menekan rasa lapar.

10. Menjaga Sistem Imun.
Dengan vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang terkandung di dalamnya, maka asam jawa juga memiliki manfaat meningkatkan sistem imun kita sehingga kita tidak mudah sakit.

11. Mengobati Rematik.
Bagi orang yang mempunyai penyakit rematik, cobalah mengkonsumsi asam jawa secara teratur karena dengan kandungan antiinflamasi di dalamnya asam dapat bermanfaat untuk mengobati rematik yang menyebabkan sendi terasa nyeri terutama pada orang usia lanjut atau cuaca sedang dingin.

sekian informasi dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua serta kita semua senantiasa dalam keadaan sehat. Itulah informasi yang di sampaikan kali ini tentang 11 manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh.