Asam Urat - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Asam urat adalah penyakit jenis rematik yang disebabkan oleh kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi atau biasa disebut juga penyakit arthritis.

Asam Urat - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Karena terlalu tingginya asam urat dalam darah sehingga mengakibatkan terjadinya pengkristalan sendi. Penyakit asam urat juga merupakan penyakit yang terasa menyakitkan, yang dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang datangnya tiba-tiba.

Pembentukan kristal penykit asam urat biasanya paling sering terbentuk di jempol kaki, dan juga bagian persendian dan bagian tubuh lainnya seperti lutut, pergelangan kaki, dan telapak kaki, bahkan bisa terbentuk pada saluran kemih yang mengakibatkan terbentuknya batu di saluran kemih. Penyakit asam urat juga bersiko pada semua umur tidak hanya terjadi pada usia tertentu, krena asam urat bisa menyerang orang yang masih muda dan yang sudah tua sekalipun. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan.

Gejala Asam Urat
Secara umum penyakit asam urat biasanya ditandai dengan gejala sebagai berikut :
  • Nyeri sendi mendadak terjadi pada malam hari atau pagi hari
  • Sendi terasa panas
  • Tampak kemerahan dan bengkak pada sendi
  • Terjadi demam pada saat nyeri
Gejala di atas biasanya terjadi secara mendadak, pada sebagian kasus ada yang berlangsung beberapa jam selama 1-2 hari, tetapi pada penderita yang sudah parah bisa terjadi sampai berminggu-minggu, bahkan ada pula yang sampai berbulan-bulan.

Penyebab Asam Urat
Sebenarnya penyebab asam urat sendiri di sebabkan terlalu banyaknya produksi kadar asam urat dalam darah. Berikut adalah faktor penyebab lainnya seperti :
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin berlebih seperti jeroan hewan, beberapa jenis seafood (sarden,teri,kerang), dan daging merah.
  • Ketidakmampuan ginjal membuang kadar asam urat yang berlebih dengan tuntasi melalui urin.
  • Asam urat yang berlebih kan berpadu dengan natrium sehingga membentuk jaringan kristal natrium dalam persendian sehingga terjadi endapan yang biasa disebut topus dan mengakibatkan terjadinya peradangan.
  • Mengkonsumsi obat seperti aspirin, diuretik, dan beberapa obat kemoterapi.
  • Komplikasi akibat memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, sindrom metabolik, leukimia, kolesterol tinggi, penyakit ginjal dan obesitas.

Pengobatan asam urat
Pada penderita penyakit asam urat akan dilakukan pengobatan sebagai berikut :
  • Dengan memberikan obt-obatan untuk mengobati penyakit asam urat seperti obat antiinflamasi nonsteroid dan colchicine, atau berikan obat kortikosteroid pada sebagian pasien yang tidak bisa knsumsi dua obat tadi.
  • Pada pasien yang mengalami nyeri hebat maka konsumsi obat seperti allopurinol untuk menghambat produksi asam urat dan probenecid untuk membuang asam urat berlebih di dalam tubuh.
  • Supaya tidak terjadi serangan asam urat kembali, penderita di anjurkan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi seperti yang tidak mengandung purin berlebih, banyak minum air putih untuk membantu membuang purin di dalam tubuh.

Sekian informasi yang dapat di sampaikan oleh clinicsehat.com pada artikel ini, Semoga dapat menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa baca juga artikel lainnya selain tentang penyakit asam urat.