Kesehatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dan Anak

Cara mengatasi perut kembung pada bayi dan anak merupakan hal yang harus diketahui oleh setiap orang tua karena masalah ini kerap terjadi pada bayi dan anak.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dan Anak

Perut kembung adalah kondisi dimana menumpuknya gas pada lambung dan usus sehingga menyebbkan perut tampak lebih besar dan terasa penuh. perut kembung juga merupakan salah satu yang membuat si kecil menjadi rewel karena merasa tidak nyaman terutama pada bayi, jika perutnya kembung biasanya si kecilakan sering nangis atau rewel bahkan tidur juga akan menjadi sulit.

Pada beberapa kasus biasanya jika si ibu kurang pemahaman maka ia akan mengira bahwa si kecil hanya merasa haus padahal ia tidak tahu anaknya mengalami masalah perut kembung. Di masyarakat sendiri masalah perut kembung sudah sangat populer dan biasanya jika perut si kecil kembung maka sang ibu akan mengolesnya dengan minyak kayu putih, padahal sebenarnya dengan cara seperti itu hanya akan menghangatkan perut bayi saja bukan mengobati perut kembung.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara mengatasi perut kembung mari langsung saja simak informasidi bawah ini.

Ciri Mengalami Perut Kembung
Biasanya jika si kecil mengalami masalah perut kembung maka dia akan menjadi rewel dan mudah menangis, selain itu anda lihat bagaimana pergerakan si kecil karena merasa tidak nyaman maka dia akan menganggkat kedua kakinya sering menggeliat, lebih sering bergerak, bahakan sulit untuk tidur. Jika hal itu terjadi pada si kecil maka hal yang harus anda lakukan adalah memeriksa perut si bayi jika perut nya terasa keras serta sering buang angin maka si kecil mengalami perut kembung.


Penyebab Perut Kembung
  • 1. Makanan Yang Dikonsumsi Ibu
    Jika bayi masih diberi ASI maka makanan yang di makan oleh ibu harus diperhatikan, karena makanan yang ibu konsumsi sangat berpengaruh sekali pada bayi yang masih diberikan ASI. Ibu harus bisa lebih memilih jenis makanan apa yang di konsumsi sebaiknya harus mengurangi makanan seperti kembang kol, kubis, brokoli, dan kentang karena makanan seperti itu kan membentuk gas setelah dicerna.
  • 2. Memberikan Minuman Selain ASI
    Sebaiknya bayi jangan diberikan minuman selain ASI, susu formula, dan air putih. Karena jika diberikan minuman selain itu bayi akan mengalami masalah kesehatan seperti sakit perut, diare dan penumpukan gas berlebih, hal tersebut disebabkan oleh sistem pencernaan bayi masih sulit mencerna kandungan gula atau fruktosa yang terdapat dalam buah atau jus.
  • 3. Makanan Yang Dikonsumsi Bayi
    Pada saat bayi menginjak usia 6 bulan maka bayi sudah mulai dikasih makan, sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi namun anda harus benar benar memperhatikan atau memilih jenis sayuran apa yang akan di berikan. Jangan sampai anda memberikan sayuran yang mengandung gas secara berlebihan seperti brokoli, karena meskipun sehat jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat perut si kecil kembung
  • 4.Perhatikan Dot Bayi
    Dot bayi juga harus diperhatikan bagi anda yang memberikan usu formula pada bayi anda, karena beberapa dot bayi juga memang ada yang di rancang khusu untuk mengurangi udara yang masuk ke dalam perut bayi dan ada juga yang tidak. Nah, sebaiknya anda harus lebih pintar atau cermat dalam memilih dot bayi jangan sampai anda memilih dot yang salah karena dapat menimbulkan masalah perut seperti perut kembung dan sakit perut.


Cara Mengatasi Perut Kembung

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika si kecil mengalami masalah perut kembung :
  • Berikanlah bayi anda susu sebelum dia merasa lapar, karena dengan seperti itu maka kemungkinan terjadinya perut kembung akibat masuk angin akan berkurang.Karena pada saat bayi merasa kelaparan dan menangis dia akan menelan angin dan masuk ke dalam perut bayi.
  • Letakan bayi dengan posisi telungkup di atas paha anda kemudian usap-usap punggung bayi hingga dia merasa enakan.
  • Letakan bayi di tempat yang datar atau di kasur dengan posisi terlentang, kemudian agkat kedua kakinya dan gerakan seperti sedang mngenedarai sepeda. Karena dengan gerakan seperti itu gas yang berada dalam perut akan terbuang.
  • Letakan bayi dalam posisi tidur kemudian pijat bayi dengan gerakan searah jarum jam dan perlahan.
    Berikan susu pada bayi anda dengan posisi yang agak tegak supaya susu yang masuk kedalam perut akan masuk dengan perlahan dan mengurangi terjadinya masalah perut kembung.


Oke sekian dulu info kesehatan dari clinicsehat.com pada artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua informasinya dan anda jadi lebih mengetahui jika si kecil mengalami perut kembung.