Kesehatan

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Keturunan Secara Alami

Cara menyembuhkan penyakit asma keturunan secara alami yang perlu anda ketahui karena penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Keturunan Secara Alami

Asma adalah salah satu penyakit paru-paru dan asma juga merupakan penyakit keturunan yang perlu diwaspadai karena dampaknya dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Asma sendiri dibagi menjadi dua yaitu dapat menjadi akut atau kronis. Serangan penyakit asma sendiri dapat terjadi secara mendadak dan ketika ada rangsangan pada aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Memang sampai saat ini penyebab pasti dari penyakit ini tidak dapat diketahui, namun dapat dilihat dari beberapa kasus asma dapat dipicu oleh adanya alergi seperti yang di akibatkan oleh polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, kandungan dalam makanan, dan beberapa pengobatan. Gejala umum asma ditandai dengan batuk, mengi, napas pendek, dan dada terasa sesak.

Pada penderita asma akan mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan, terutama penggunaan inhaler. Apalagi jika asma sedang kambuh. Selalu ada obat yang biasa dikonsumsi penderita asma. Padahal jika anda terus-terusan mengkonsumsi obat-obatan, maka akan ada efeknya juga berdampak buruk untuk kesehatan.
Begitu banyak pengobatan yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan penyakit asma. Namun, ada juga beberapa pengobatan alami yang bisa anda lakukan juga untuk mengobatinya seperti.

1. Olahraga

Olahrag dengan rutin dapat menyembuhkan asma, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat yang dapat memicu kelelahan dan butuh banyak tenaga karena jika terlalu berat justru akan menyebabkan anda kesulitan bernafas. Olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk anda penderita asma adalah berenang karena berenang merupakan olahraga yang bisa menjaga kesehatan jantung dan paru anda, lakukanlah olahraga renang secara rutin minimal seminggu sekali supaya organ pernafasan anda menjadi lebih sehat.

2.Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selalu jaga kebersihan lingkungan rumah anda supaya tidak ada debu atau kotoran, karena penderita asma akan alergi terhadap debu. Oleh sebab itu selalu jaga kebersihan lingkungan apalagi barang yang dapat mudah sekali debu menempel seperti karpet, boneka, sarung bantal, kasur, serta barang lainnya. Karena faktor kebersihan sangat mendukung untuk upaya penyembuhan asma,

3. Sinar Matahari dan Udara Pagi

Sinar matahari diketahui merupakan sumber vitamin D yang dapat di serap oleh tubuh, dan penelitian membuktikan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang tinggi mampu mengontrol asma. Begitupun dengan udara segar di pagi hari yang baik untuk kesehatan paru-paru. Karena manfaat vitamin D dipercaya dapat mengendalikan bagian sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif pada penderita asma.

4. Hindari Stress

Tingkat stres yang tinggi juga bisa menyebabkan serangan asma, Oleh karena itu hindari lah beberapa masalah yang dapat memicu terjadinya stress pada diri anda. Karena salah satu masalah asma yang sangat sensitif adalah apabila anda mengalami tekanan emosi yang terlalu kuat. Misalnya seperti merasa cemas yang berlebihan, merasa takut, bahkan merasa gembira pun jika berlebihan dapat membuat asma cepat kambuh karena perubahan denyut jantung yang kuat.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan sehat yang mengandung gizi seimbang juga adalah hal yang mempunyai peranan penting supaya asma tidak mudah menyerang, berikut adalah makanan sehat yang bisa anda konsumsi.
Konsumsi minyak ikan dan brokoli secara rutin ternyata dipercaya dapat membantu ketahanan tubuh terhadap asma. Karena kandungan minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan 6, sedangkan kandungan brokoli yang kaya akan vitamin C, kalsium, magnesium dan zinc.
Konsumsi buah-buahan seperti apel, alpukat dan wortel secara rutin dipercaya dapat menyembuhkan asma, karena dapat membantu melancarkan saluran pernapasan. Selain itu Jahe hangat dan madu juga sangat bagus manfaatnya untuk meringankan gejala asma. Hindari lah makanan yang dapat menimbulkan asma anda kambuh seperti kacang, telur, cokelat, udang dan susu.

Nah, itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dan di terapkan dalam kehidupan anda tentang cara menyembuhkan penyakit asma.