Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Diare

Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Diare yang berkepanjangan secara alami dengan cepat pada orang dewasa dan anak yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Langsung simak dibawah penjelasan singkat tentang diare yang perlu kita ketahui tentang gejala, penyebab, dan cara mengobati diare pada orang dewasa atau bayi, balita, dan anak.

Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Diare

Pengertian Diare
Apa itu diare? Diare merupakan suatu kondisi kesehatan dimana seseorang mengalami frekuensi BAB berlebih sebanyak minimal tiga kali dalam sehari. Kondisi ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh semua tingkatan umur, terutama pada anak anak. Komplikasi yang terjadi pada penderita diare adalah kurangnya cairan tubuh (dehidrasi), yang berakibat hilangnya cairan tubuh dan elektrolit dalam jumlah yang besar.

Gejala Diare
Diare biasanya memiliki gejala yang bermacam macam. Salah satu gejala yang paling sering terjadi yaitu tinja berair dan berlendir. Pada beberapa kasus diare juga disertai dengan rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit pada perut.Rasa sakit yang parah mungkin menandakan adanya penyakit lain yang lebih serius. Pada kasus diare yang parah seseorang akan mengalami demam mual muntah dan kram perut yang hebat. Pada mereka yang mengalami kekurangan cairan tubuh, tenggorokan mereka akan terasa kering yang mengakibatkan merasa haus dan kulit pun terlihat renggang mata terlihat cekung serta mulut tampak kering.

Penyebab Diare
Penyebab diare juga bermacam macam, salah satu penyebab diare yang umum yaitu adanya infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri,virus,dan parasit. Infeksi usus terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi terkontaminasi atau kotor. Diare juga bisa muncul akibat efek samping obat obatan tertentu, konsumsi kopi yang berlebih, dan konsumsi makanan pedas yang berlebih.

Pengobatan Diare
Pengobatan diare yang biasa dilakukan yaitu dengan cara menghindari makanan yang dapat menyebabkan diare serta mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang terbuang dengan minum banyak air selama diare masih berlangsung. Beberapa metode pengobatan diare diantaranya dengan meminum oralit untuk mencegah terjadinya dehidrasi, menggunakan obat anti diare meskipun obat anti diare tidak terlalu dibutuhkan karena sebagian besar penderita diare akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, kecuali mereka yang menderita diare parah atau yang memiliki aktivitas padat dan ingin bepergian.

Pada orang dewasa diare biasanya berlangsung 2-4 hari sedangkan pada anak biasanya lebih lama yaitu 5-7 hari. Jika anak anda mengalami diare parah atau berkelanjutan dan mulai menunjukan tanda-tanda dehidrasi, frekuensi BAB sebanyak enam kali atau bahkan lebih dalam waktu 24 jam sebaiknya segeralah perikasakan ke dokter terdekat.

Sekian informasi dari clinicsehat.com semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua, jangan lupa baca juga artikel lain selain gejala, penyebab,dan obat diare manjur.