Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil dan Juga Janin

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan juga janin yang bisa menyehatkan serta mengoptimalkan tumbuh kembang janin yang harus anda ketahui. Karena banyak sekali manfaat yang terkandung dalam kacang hijau bagi kesehatan.

manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan juga janin

Kacang hijau atau dalam bahasa latin bernama vigna radiata merupakan salah satu dari jenis kacang yang mengandung gizi yang luar biasa baik untuk kesehatan, selain bergizi tinggi kacang hijau juga mempunyai rasa yang enak dan banyak diminati oleh banyak orang. Apalagi untuk orang yang sedang hamil maka kacang hijau merupakan makanan yang wajib di konsumsi sebab bukan hanya hanya baik untuk ibu saja tapi baik juga untuk janin yang ada di dalam kandungan. Nah berikut manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan juga janin.

  • Asam Folat, kandungan asam folat yang terdapat pada kacang hijau sangatlah penting untuk perkembangan otak dan kecerdasan janin dalam kandungan. Serta baik pula untuk mencegah kecacatan otak bayi, dan perkembangan sistem saraf bayi, dan sumsum tulang belakang selama masa kehamilan.
  • Vitamin B1 dan B2, kandungan Vitamin B1 dan B2 yang ada pada kacang hijau berguna untuk membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan juga melancarkan penceraan selama masa kehamilan. Vitamin B1 berkhasiat membantu pertumbuhan, memaksimalkan sistem kerja syaraf, meningkatkan nafsu makan, serta menjadi sumber energi. Sedangkan proses penyerapan protein dalam tubuh dapat dibantu dengan vitamin B2 ini sehingga tubuh lebih mudah dan lebih banyak menyerap protein. Adapun kekurangan vitamin B1 dan B2 pada kehamilan dapat menyebabkan konstipasi dan juga mudah mengalami kelelahan. 
  • Protein, kandungan protein di dalam kacang hijau juga penting karena dapat membantu tumbuh kembang organ janin selama dalam masa kehamilan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa protein juga berperan menambah volume rambut bayi selama masa kehamilan. Karena pertumbuhan sel rambut pada  bayi sangat perlu asupan protein yang cukup jadi anda juga harus konsumsi protein yang cukup.
  • Karbohidrat, Kandungan karbohidrat dalam kacang hijau juga bagus karena kacang hijau mengandung karbohidrat komplek yang akan dicerna oleh tubuh lebih lama. Oleh karena itu energi yang dihasilkan juga akan lebih stabil dan membuat perut merasa kenyang lebih lama.
  • Rendah Lemak, lemak yang terkandung dalam kacang hijau juga terbilang sangat rendah. Nilai kandungan lemak yang rendah ini sangat aman untuk jantung dan aman bagi penderita tekanan darah tinggi.
  • Kalsium dan Fosfor, pentingnya asupan kalsium yang cukup pada masa kehamilan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Karena dampak dari kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa menyebabkan janin mengambil sumber kalium dari tubuh ibu selama masa kehamilan berlangsung, sehingga membuat sang ibu terkena osteoporosis.
  • Serat, Karena serat baik untuk pencernaan. sehingga ibu hamil harus konsumsi asupan serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Pada kacang hijau juga terkandung serat, sehingga dapat membantu kelancaran pencernaan ibu hamil dan memelihara kesehatan organ saluran pencernaan.

Oke sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya karena masih banyak info kesehatan yang harus anda ketahui selain manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan juga janin.