Kesehatan

Metformin Obat Apa, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Metformin obat apa, manfaat, dosis, dan efek samping yang harus anda tahu supaya tidak salah dalam penggunaan obat ini dan dapat mengetahuinya lebih jelas.

Metformin Obat Apa, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping






Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, anda hanya bisa menjaga gula darah anda supaya tetap stabil dan meminimalkan resiko komplikasi dengan mengkonsumsi obat secara teratur, konsumsi makanan sehat, dan menerapkan gaya hidup sehat. Kenalilah diabetes karena jika sejak dini terdeteksi maka kadar gula darah anda akan terkendali,

Manfaat Metformin

Metformin merupakan salah satu obat diabetes yang bergunakan untuk menontrol gula darah dalam tubuh. Obat ini biasanya menjadi pilihan pertama yang sering di anjurkan untuk penderita diabetes tipe 2, metformin sendiri bekerja mengurangi kadar gula darah yang di salurkan oleh hati memalui aliran darah yang membuat tubuh menjadi lebih responsif terhadap insulin.
Karena diabetes merupakan penyakit yang tidakdapat disembuhkan, anda hanya bisa menjaga gula darah anda supaya tetap stabil dengan mengkonsumsi obat secara teratur, konsumsi makanan sehat, dan menerapkan gaya hidup sehat.

Dosis atau Aturan Pakai Metformin

Metformin dikonsumsi melalui oral atau lewat mulut dengan dosis 1-2 kali sehari saat makan, meski demikian namun dosis metformin juga bisa berbeda sesuai dengan kondisi pasien karena kondisi pasien akan berbeda beda. Doker pun akan menyesuaikan dosis dengan level gula darah anda, biasanya pada dosis awal akan diberikan dosis yang rendah namun lambat laun dosisnya pun akan ditambah atau di tinngkatkan.
Dosis awal metformin pada orang dewasa 500-850 mg diminum 1-2 kali perhari dan dosis ini juga bisa ditingkatkan sampai 2-3 gram/hari dengan kurun waktu 1 minggu dari dosis awal.
Rutinlah periksa gula darah anda supaya dapat terpantau dan mencegah terjadinya gula darah tinggi, serta konsumsi obat ini dengan rutin supaya anda mendapat hasil yang maksimal dan uahakan mengkonsumsinya harus di waktu yang sama setiap harinya.

Efek Samping Metformin

Berikut adalah efek samping dari metformin yang harus anda ketahui, apa saja efek sampingnya langsung saja kita lihat informasi dibawah ini.
  • Nafsu makan menurun.
  • perut terasa sakit, mual, dan muntah.
  • Tubuh tersa lemah, lemas,dan ngantuk.
  • Sakit kepala, nyeri otot, dan kram.
  • Gangguan sistem pencernaan.

Metformin juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam laktat dalam tubuh (lactic acidosis) yang dapat berakibat fatal. Segeralah anda minta bantuan medis jika terjadi gejala lactic acidosis seperti berikut.
  • Mati rasa atau tangan dan kakki terasa dingin
  • Kepala teras berputar, dan pusing.
  • Terasa sulit bernafas.
  • Detak jantung tidak teratur, dan melambat.
  • Nyeri otot, dan merasa lemas
  • Merasa sakit perut yang disertai mual dan muntah.

Nah, Itulah informasi dari clinicsehat.com semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. semoga dengan adanya informasi ini anda lebih mengetahui tentang Metformin obat apa, manfaat, dosis, serta efek samping.