Kesehatan

Paracetamol Adalah Obat Apa? Dosis, Fungsi, dan Efek Samping

Paracetamol adalah obat golongan analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga nyeri sedang.

Paracetamol Adalah Obat Apa? Dosis, Fungsi, dan Efek Samping

Paracetamol (acetaminophen) merupakan obat yang mekanisme kerjanya sebagai inhibitor prostaglandin yang lemah, mekanisme kerjanya sendiri dengan bereaksi menghambat produksi prostaglandin atau bahan kimia yang berfungsi sebagai transmisi pesan rasa sakit yang diampaikan ke otak. Dengan begitu paracetamol membantu meredakan rasa nyeri pada kepala bahkan anggota tubuh yang lainnya serta dapat menurunkan demam.

Obat ini juga populer atau umum bagi masyarakat, karena obat ini sangat mudah di dapat dan banyak digunakan sebagai obat penurun panas serta dapat digunakan pada semua umur. Supaya kita lebih memahami tentang apa itu paracetamol kita lihat langsung penjelasannya di bawah.

Fungsi atau Indikasi Paracetamol
Fungsi utama dari paracetamol yaitu sebagai obat penurun demam (antipiretik) dan obat pereda nyeri (analgesik) bisa digunakan untuk meredakan berbagai nyeri dari yang rendah hingga nyeri sedang seperti sakit kepala, nyeri haid, nyeri gigi, nyeri otot, dan nyeri sehubungan dengan pilek. Serta bisa digunakan untuk menurunkan demam pada influenza dan pasca imunisasi.

Kontra Indikasi Paracetamol
Paracetamol jangan diberikan pada orang dengan kondisi :
  • Gangguan fungsi hati dan penyakit hati
  • Gangguan fungsi ginjal yang parah atau serius
  • Alergi terhadap acetaminophen atau paracetamol

Dosis Paracetamol
Penggunaan paracetamol pada dewasa :
  • Secara umum paracetamol dapat diminum dengan dosis 325-650 mg dalam kurun waktu 4 sampai 6 jam sekali perhari atau 1000mg setiap 6 sampai 8 jam perhari.
  • Bisa juga digunakan dengan dosis 500 mg tablet oral setiap 4 sampai 6 jam perhari.

Penggunaan paracetamol pada anak
Untuk mengetahui berapa jumlah dosis paracetamol untuk anak kita tetap harus tahu berat badan dan usia karena ini harus di jadikan pertimbangan.
  • Usia < 1 bulan dosisnya 10-51 mg/kg BB/dosis di minum setiap 6 sampai 8 jam sesuai dengan kebutuhan.
  • Usia > 1 bulan - 12 tahun 10-15 mg/kg BB/dosis di minum setiap 4 sampai 6 jam sesuai dengan kebutuhan maksimum dosis 4 kali dalam sehari.

Efek Samping Paracetmol
Meskipun efek sampingnya jarang terjadi, namum ada beberepa kemungkinan yang terjadi seperti :
  • Penurunan jumlah sel darah putih atau trombosit.
  • terjadinya reaksi alergi seperti pembengkakan, ruam pada kulit, atau bahkan kesulitan bernafas.
  • Tekanan darah menurun atau rendah (hipotensi), detak jantung jadi cepat (takikardi).
  • dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi hati dan ginjal jika menggunakan obat ini dengan dosis yang berlebihan.

Nah, itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan kita jadi lebih tahu tentang paracetamol adalah obat apa? dosis, fungsi, dan efek samping.