Penyebab Asam Lambung Naik dan Obat Herbal Asam Lambung

Penyebab asam lambung naik dan obat herbal asam lambung yang harus diketahui supaya kita dapat mencegah terjadinya penyakit asam lambung pada diri kita.

Sebelum kita ke pembahasan penyebab asam lambung naik dan obat herbal asam lambung, baiknya kita ketahui dulu apa itu asam lambung walaupun penyakit ini sudah tak asing lagi bagi kita. Berikut pengertiannya.

Penyebab asam lambung naik dan obat herbal asam lambung

Asam lambung meningkat Atau kondisi ini disebut juga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yaitu suatu kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan yang mengakibatkan ulu hati terasa sakit, mulut terasa pahit/asam, dan dada terasa panas. Kita dapat mengetahui penyebab asam lambung naik dan obat herbal asam lambung.

Penyebab Asam Lambung Naik atau GERD
Penyebab terjadinya asam lambung naik atau GERD yaitu melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung. Adapun beberapa penyebab penyakit asam lambung secara umum yaitu karena faktor keturunan, obesitas,tingkat stres yang tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak,dan minum kopi atau alkohol yang berlebih.

Mengobati Asam Lambung Naik atau GERD
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Untuk menangani asam lambung naik secara alami atau herbal, yaitu:
  • Menggunakan lidah buaya, karena kandungan yang terdapat dalam lidah buaya ternyata dipercaya dapat mengurangi peradangan di dalam perut bagi penderita penyakit asam lambung. Meskipun bagus tapi lidah buaya bersifat laksatif (seperti pencahar), jadi takaran lidah buaya yang dikonsumsi harus benar dan pilih juas lidah buaya instan yang telah menghilangkan kandungan laksatif di konsumsinya 1/2 cangkir sebelum makan.
  • Menggunakan baking soda, karena kandungan sodium bikarbont dalam baking soda dipercaya dapat menetralkan asam lambung, jika anda sesekali ingin menggunakan baking soda untuk meredakan asam lambung, anda bisa mencampurkan baking soda dengan air sekitar 1/2 sampai 1 sendok teh baking soda dengan segelas air. Tetapi pada sebagian orang baking soda bukan pilihan yang tepat, karena dapat menyebabkan sakit perut dan rasa mual karena tinggi kandungan garam yang  ada di dalamnya.
  • Menggunakan kunyit, karena sejak dulu kunyit diketahui ampuh mengobati luka dan tukak lambung oleh karena itu dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam lambung. Mengolahnya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan 2-3 jari tangan kunyit lalu kupas dan parut dan tambahkan air matang secukupnya. Kemudian peras kunyit tersebut dengan kain bersih dan ambil airnya untuk diminum sebanyak 2 kali sehari. Untuk mendapat hasil maksimal minumlah sebelum makan dan sebelum tidur.
  • Mengubah gaya hidup kita seperti mengontrol pola makan dan memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi yaitu makanan yang kandungan lemaknya rendah dan tidak terlalu asin atau pedas, makan sedikit tapi sering. Dengan begitu asam lambung tidak akan berlebih.
  • Istirahat atau tidur yang cukup juga mempengaruhi karena jika kita kurang istirahat maka akan memicu refluks asam lambung, kondisi ini akan memicu komplikasi penyakit krosis, oleh karena itu pola tidur kita harus diperbaiki.
  • Hindari kebiasaan ngemil di anatara waktu makan, karena meskipun terlihat sepele tapi ini juga harus diperhatikan karena jika kita terlalu banyak ngemil pencernaan juga akan butuh waktu lama untuk mencerna makanan tersebut.
  • Mengunyah makanan dengan benar, ini juga harus diperhatikan karena enzime pencernaan akan mudah mengolah dan mencerna makanan yang dikonsumsi sehingga mengurangi resiko asam lambung naik.
Apabila dengan cara di atas dirasa kurang cukup efektif, maka kita bisa menggunakan obat-obatan unuk menurunkan asam lambung yang bisa kita beli di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Ada beberapa jenis obat yang bisa kita gunakan seperti :
  • Antasida untuk membuang gas berlebih dalam tubuh, contoh Mylanta, Maloxs, Rolaid,
  • Histamin-2 (H-2) receptor blockers untuk mengurangi produksi asam lambung, contoh Ranitidine, Nizatidine, Famotidine.
  • Proton pump inhibitors salah satu obat yang lebih kuat mengatasi masalah asam lambung ketimbang antasida dan H2 receptor blockers, contoh Omeprazole, Lansoprazole.
Ingat, anda harus selalu baca petunjuk penggunaan obat tersebut sesuai dengan yang tertera di label informasi produk. Bacalah dengan teliti berapa dosis yang anda perlukan dan apa saja yang mungkin terjadi dari penggunaan obat terebut. Jika kondisi anda tidak mengalami perubahan dalam kurun waktu dua minggu setelah mengkonsumsi obat tersebut, maka segeralah periksakan diri anda ke dokter.

Oke cukup sudah sampai disni dulu informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga informasinya dapat bermanfaat bagi pengunjung semua. Jangan lupa baca juga informasi kesehatan lainnya selain Penyebab asam lambung naik dan obat herbal asam lambung.