Penyebab Pengobatan dan Penularan TBC Yang Harus Diwaspadai

Penyebab pengobatan dan penularan TBC yang harus diwaspadai oleh kita semua supaya dapat mencegah terjadinya penularan terhadap orang yang ada di sekitar.

Sebelum kita ke pembahasan tentang bagaimana Penyebab pengobatan dan penularan TBC yang harus diwaspadai, alangkah lebih baik jika kita mengetahui dulu apa itu TBC. Ayo langsung saja lihat pengertiannya dibawah berikut.

Penyebab pengobatan dan penularan TBC yang harus diwaspadai


Pengertian Penyakit TBC atau Tuberkulosis
TBC atau tuberkulosis merupaka suatu penyakit kronis yang di sebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama mycobacterium tuberculosis. Selain itu kita juga harus tahu bahwa TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit yang menular yang ditularkan lewat udara melalui sistem pernafasan. Meski demikian bakteri tersebut akan mati jika terkena sinar matahari secara langsung.
TBC juga dapat menyerang beberapa organ tubuh manusia diantaranya paru-paru, sistem saraf pusat, tulang, kelenjar getah bening, dan organ lainnya.

Penyebab Penyakit TBC atau Tuberkulosis
Penyakit TBC atau tuberkulosis bisa di sebabkan oleh bakteri yang menyebar di udara yang dicemari mycobacterium tuberculosis melalui batuk dan terhirup oleh kita. Bakteri yang terhirup masuk ke dalam tubuh, tidak akan langsung aktif selama beberapa waktu yang disebut masa inkubasi.
Bahkan pada fase ini seseorang tidak akan langsung ada tanda gejala terkena penyakit TBC. Akan tetapi jika pasien mengikuti tes MTB maka hasilnya akan positif, meski begitu resiko TBC dapat dikurangi jika masih dalam masa inkubasi karena terdeteksi sejak dini.
Masa inkubasi pada setiap orang pasti akan berbeda tergantung bagaimana kekebalan tubuh orang tersebut, dan bakteri akan menyerang pada saat kekebalan tubuh sedang lemah atau tidak bisa melawan. Kemudian bakteri berkembang di dalam paru-paru dan pembuluh darah sebelum ke organ tubuh yang lain.

Penularan Penyakit TBC atau Tuberkulosis
Proses terjadinya penularan penyakit TBC atau tuberkulosis bisa terjadi melalui udara ketika seorang yang terkena penyakit TBC batuk, bersin, atau saat berbicara dan memercikan air liur, kemudian bakteri TBC tersebut terbang ke udara bersama percikan air liur dan terhirup. Hal tersebutlah yang menjadi cara penularan penyakit TBC, meskipun dikalangan masyarakat ada sebagian orang yang mengira beberapa hal lain yang dapat menularkan penyakit TBC seperti berjabat tangan dengan orang yang terkena TBC, berbagi makanan atau minuman dengan penderita TBC, menyentuh bagian toilet atau wastafel penderita TBC.
Oleh karena itu kita sebagai orang yang sehat supaya tidak terkena penyakit TBC, maka kita harus kenali dan melakukan pencegahan sejak dini seperti melakukan berbagai cara seperti :
  • memperbaiki sirkulasi udara supaya bakteri tidak berdiam diruangan
  • melakukan pemeriksaan TBC terutama bagi orang yang beresiko tinggi
  • mengikuti prosedur pengobatan sebelum menjadi aktif jika sudah terkena TBC tapi masih dalam masa inkubasi
  • kita harus menjga daya tahan tubuh kita
Oleh sebab itu kita harus tetap waspada dan senantiasa menerapkan pola jidup sehat juga selalu menjaga kesehatan kita supaya sistem kekebalan tubuh kita selalu optimal, karena dengan seperti itu penyakit apapun tidak akan mudah menyerang.

Oke sekian informasi dari clinicshat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa baca juga artikel lainnya selain Penyebab pengobatan dan penularan TBC yang harus diwaspadai.