Kesehatan

Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Tips dan cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi yang harus diketahui supaya dapat mengatasi masalah tersebut pada bayi anda dalam kehidupan sehari-hari.

Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi pada bayi merupakan momen yang sangat di tunggu oleh orang tua, meskipun pada proses ini biasanya bayi akan menjadi rewel karena merasakan gusi yang sakit dan gatal dan dapat menjadikan perasaan orang tua menjadi khawatir atau merasa resah.
Sebetulnya perkembangan gigi pada gusi bayi terbentuk saat si kecil masih dalam kandungan, dan pada usia 3 bulan pun bakal gigi kadang sudah terlihat. Namun pada umumnya memang tumbuhnya gigi pada bayi adalah waktu usia 6 bulan dan yang pertama tumbuh adalah gigi depan atas atau bawah.
Walaupun ini adalah fase normal yang terjadi pada bayi, namun bayi akan merasa tidak nyaman karena akan merasa sakit, dan bayi pun akan menjadi rewel bahkan terkadang sampai terjadinya panas pada bayi. Supaya anda sebagai orang tua tidak kaget atau merasa khawatir dengan kondisi bayi saat tumbuh gigi disini akan di sampikan informasi tentang Tips dan cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi.

1. Mengusap Gusi Bayi
Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengusap gusi bayi, cara ini dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat bayi tumbuh gigi. Coba anda masukkan jari anda perlahan dan pelan ke mulut bayi lalu usap gusinya karena dengan cara seperti ini sehingga akan berhenti menangis karena bayi akan merasa lebih nyaman.

2. Berikan Finger Food
Pada proses tumbuhnya gigi tentu si kecil sudah diberikan MPASI. Dalam hal ini Anda bisa memberikan finger food pada bayi sebagai upaya untuk meredakan rasa nyeri akibat proses tumbuh gigi. Berikan finger food dengan tekstur yang lembut karena si kecil belum memiliki cukup gigi untuk mnegunyah makanan tersebut.

3. Berikan Mainan
Alternatif lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan memberikan mainan gigit yang aman dan terbebas dari bahan kimia pada si kecil. Tapi sebelum anda memberikan mainan pada bayi, anda harus memasukkan mainan terlebih dahulu kedalam kulkas supaya terasa dingin dan membuat bayi lebih nyaman ketika menggigitnya.

4.Berikan Cemilan Sehat
Pada usia bayi 6 bulan anda bisa berikan cemilan yang sehat untuknya, cobalah berikan cemilan seperti wortel, buah apel karena merupakan pilihan yang tepat untuk si kecil supaya di genggam dan di gigit. Serta jangan lupa selalu dampingi bayi anda supaya terhindar dari terjadinya tersedak.

5. Konsultasi Pada Dokter
Namun jika rasa nyeri pada bayi anda tak kunjung hilang dan membuat si kecil semakin rewel bahkan sampai beberapa hari maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran dokter untuk mengatasi hal tersebut sehingga si kecil bisa kembali merasa nyaman dan tidak rewel.


Nah, itulah informasi dari clinicsehat.com kali ini yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk pengunjung semua dan anda tidak terlalu merasa khawatir dan cemas saat bayi tumbuh gigi.