Kesehatan

5 Cara Ampuh Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

5 Cara Ampuh Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari karena Kebanyakan orang tua yang memiliki bayi baru lahir tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.



Sudah menjadi hal yang wajar jika bayi usia di bawah 6 bulan biasanya akan terbangun 2 - 3 kali pada malam hari. dan kebiasaan ini pun biasanya akan berkurang saat bayi mulai memasuki usia 1 tahun dimana ia akan terbangun 1 - 2 kali dan berkurang lagi menjadi 1 kali disaat mendekati usia 2 tahun.

Mungkin bagi mereka yang mengurus bayi tanpa bantuan baby sitter kebiasaan seperti ini akan membuat Ibu kehilangan jam tidurnya, Sehingga membuat Ibu menjadi stress, letih, tidak semangat saat bangun pagi, Bagi ibu yang masih menyusui produksi ASI pun akan berkurang karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Tidak hanya ibu, bayi pun sangat membutuhkan kualitas tidur yang baik untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Nah, pada artikel kali ini akan di jelaskan tentang cara ampuh agar bayi (terutama bagi yang berumur diatas 6 bulan) dapat tidur nyenyak di malam hari. Lakukanlah beberapa cara ini secara rutin terus menerus hingga bayi bisa membentuk pola tidurnya sendiri.

Supaya lebih jelas langsung saja lihat penjelasannya di bawah berikut adalah cara ampuh supaya bayi tidur nyenyak di malam hari :

1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat
Salah satu cara yang paling ampuh agar si kecil bisa tidak dengan nyenyak di malam hari yaitu dengan memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Karena air hangat dapat membuat keadaan tubuh si kecil menjadi lebih rileks juga tenang.

2. Susui Bayi Sebelum Tidur
Pastikan kalau si kecil ada dalam keadaan kenyang ketika ia tidur. Nah, agar si kecil merasa kenyang, maka hal yang harus dilakukan yaitu memberikannya susu sebelum ia terlelap. Jangan biarkan si kecil tidur dalam keadaan lapar, karena jika si kecil tertidur dalam keadaan lapar maka bisa mengganggunya dan akan membuatnya menjadi rewel ketika ia tidur atau bahkan dia akan kembali terbangun.

3. Temani Bayi Anda Saat Tidur
Bayi yang tidur yang di temani oleh orang tuanya akan jauh lebih tenang, lebih pulas ketika tidaur bahkan akan merasa lebih nyaman. oleh karena itu usahakan anda harus senantiasa berada di sampingnya ketika si kecil tertidur supaya si kecil tidurnya nyenyak.

4. Bersihkan Tempat Tidur
Kebersihan tempat tidur menjadi salah satu jaminan utama agar si kecil bisa tidur dengan sangat nyenyak, oleh karena itu Anda harus senantiasa membuat tempat tidur bayi ada dalam keadaan yang nyaman, selalu bersih, dan juga wangi. Karena bukan hanya bersih, Anda juga harus membuat suasana tempat tidur si kecil menjadi wangi juga nyaman. Dan berikanlah pewangi alami agar si kecil semakin rileks dan nyaman ketika ia tertidur.

5. Lampu
Ciptakanlah suasana yang paling nyaman juga tenang kepada si kecil ketika ia tertidur di malam hari. Agar Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman, salah satu hal yang paling harus Anda perhatikan yaitu lampu.

Nah, itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa baca juga artikel lainnya selain cara agar bayi tidur nyenyak.