Kesehatan

6 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

6 Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang harus diketahui oleh anda karena banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam air kelapa terutama untuk ibu hamil.

6 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Air kelapa muda mungkin buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di masyarakat indonesia, namaun tahukah anda sangat banyak sekali manfaat yang terkandung dalam air kelapa? nah, supaya kita mengetahuinya lebih jelas maka akan di jelaskan dalam artikel kali ini tentang apa saja manfaat air kelapa bagi tubuh terutama unuk ibu hmil.

Mungkin saat mendengarnya saja kita sudah kebayang bagaiamana rasanya, dan memang air kelapa memiliki rasa yang sangat menyegarkan dan baik sekali untuk tubuh karena manfaatnya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain kandungan nutrisinya yang baik juga sangat mudah ditemui dan dapat menjadi pengganti air mineral biasa dalam melepas dahaga.

Apa Manfaatnya Untuk Ibu Hamil?

Air kelapa muda Pada kenyataannya, buah yang satu memang terdapat kandungan zat yang berbeda dari air yang terdapat pada buah lainnya, dan sudah terbukti sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Karena kandungan zat di dalamnya secara tidak langsung akan membuat bayi sehat, Dan ternyata adanya kandungan zat di air kelapa muda yang dapat membantu anda menjaga kesehatan selama masa kehamilan.
Adapun 6 manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

1. Sumber elektrolit dan antioksidan
Mengandung elektrolit, maka dengan meminum air kelapa dapat menggantikan asupan elektrolit bagi tubuh yang terbuang pada saat ibu hamil muntah bagi dia yang mengalami morning sickness.
Mengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk membantu membunuh radikal bebas di dalam tubuh, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka pilihlah air kelapa segar bukn air kelapa yang ada dalam kemasan.

2. Diuretik alami
Air kelapa muda memiliki sifat diuretik yang alami yang tentunya baik jika dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami, membuat air kelapa muda dapat bermanfaat untuk :
  • Memperlancar proses pembuangan urin
  • Membersihkan saluran kemih
  • Mengeluarkan zat racun yang masuk ke dalam tubuh
  • Mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

3. Menjaga fungsi pencernaan
Biasanya fungsi pencernaan pada ibu hamil akan mengalami gangguan seperti pelambatan mencerna makanan, sehingga air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaannya. Dengan mengkonsumsi air kelapa maka sistem pencernaan akan lancar, dan apabila fungsi pencernaan tetap terjaga maka beberapa gangguan pencernaan seperti diare, susah buang air besar atau sembelit dapat dicegah.

4. Menjadi sumber energi
Dengan kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam air kelapa, maka dengan begitu maka buah yang satu ini dapat membantu ibu hamil dalam memperoleh energi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. disamping konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya, cara lain untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat paling utama adalah dengan tetap menjaga asupan energi setiap hari.

5. Mencegah macam-macam penyakit
Asam laurat yang terkandung dalam buah kelapa ternyata mempunyai fungsi untuk membantu melawan dan mencegah terjadinya penyakit terutama pada masa kehamilan. Berikut adalah manfaat asam laurat yang terkandung dalam air kelapa yaitu sebagai  anti bakteri, sebagai anti virus, dan untuk menjaga kesehatan bayi dari virus berbahaya seperti HIV dan herpes.

6. Menurunkan tekanan darah
Air kelapa muda bermanfaat sebagai penurun tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami. Pada masa kehamilan memang penting untuk menjaga tekanan darah supaya tidak tinggi, karena jika tekanan darah tinggi akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Untuk mencegah hal ini terjadi pada ibu hamil maka di sarankan untuk mengkonsumsi air kelapa secara rutin.

Nah itulah informasi dari clinicsehat.com pada atikel kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua tentang manfaat air kelapa muda.