Kesehatan

6 Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan

6 Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan yang wajib anda ketahui karena banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

6 Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan

 

Apa Itu Puasa?

Pengertian Puasa dalam Islam yaitu menahan diri tidak makan, minum dan berhubungan intim mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
Puas senin kamis termasuk ibadah yang sunah hukumnya dan siapa yang menjalankannya akan mendapat pahala, sementara yang tidak menjalankan tidak mendapat dosa. Puasa senin kamis pun banyak sekali manfaatnya, apabila dilaksanakan dengan cara yang benar, salah satunya yaitu dapat membantu kita  dalam menjalani kehidupan yang penuh cobaan ini. Manusia yang rajin menjalankan puasa maka tanpa disadari dapat memaksimalkan tiga kecerdasan, antaralain yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Apa Saja Manfaatnya?

Berikut adalah beberapa manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan, apa saja manfaatnya langsung saja lihat di bawah ini :

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Puasa senin kamis ternyata bisa meningkatkan Neurotropik yang diturunkan dari otak serta bisa mengatasi stress. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak kita. Maka dari itu, bagi anda yang belum terbiasa melaksanakan puasa Senin Kamis cobalah melatih diri dari sekarang agar anda jadi terbiasa karena penting sekali manfaatnya.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun dalam tubuh kita yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkan racun tersebut bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun, Anda juga harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Racun yang dikeluarkan yaitu melalui keringat, urine, atau saat Anda buang air besar. Nah, dengan anda berpuasa senin kamis maka racun dalam tubuh pun kan dikeluarkan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika anda memiliki badan yang gemuk atau berencana menurunkan berat badan maka cobalah anda lakukan puasa senin kamis, karena seseorang yang rajin melaksanakan puasa Senin Kamis, ternyata berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu bisa membantu anda menurunkan berat badan. Dan anda pun tidak usah repot melakukan diet yang berlebihan, cukup rutinlah mengaplikasikan ibadah yang satu ini.

4. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ pencernaan dalam tubuh Anda yang membutuhkan istirahat sama seperti organ tubuh yng lain, dan untuk tidak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Guna untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan dalam tubuh, dengan cara mengeluarkan racun-racun supaya organ pencernaan Anda tetap sehat.


Karena organ perncernaan dalam tubuh yang Anda miliki diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Dan cara yang paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan yaitu dengan melaksanakan puasa senin kamis.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Jika anda melaksanakan puasa Senin Kamis, maka bukan hanya harus menahan lapar dan dahaga. Namun juga mengharuskan agar kita bisa menahan amarah. Hal tersebut bermanfaat menjadikan keadaan psikologis manusia menjadi tenang, serta membantu menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Sehingga memberikan efek yang sangat luar biasa, dalam mencegah timbulnya penyakit kronis. Contohnya yaitu bisa mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung koroner, stroke dan sebagainya.

6. Mampu mengendalikan hawa nafsu

Salah satu cara yang paling efektif dalam mengendalikan hawa nafsu kita yaitu dengan melakukan puasa senin kamis secara rutin, karena orang yang sering melaksanakan puasa senin kamis maka dirinya akan lebih bisa dalam mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya.


Nah, itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan baca juga artikel lainnya selain manfaat puasa senin kamis.

.