Cacar Air - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Cacar Air - Gejala, Penyebab, dan Mengobati yang harus diketahui karena masalah penyakit yang satu ini biasanya di alami oleh semua orang dalam hidupnya.

Cacar Air - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Apa Itu Cacar Air?

Cacar air adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varisela zoster, sama seperti seperti penyakit lain yang juga penyebabnya oleh virus, namun cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).
Biasanya, seorang akan mengalami penyakit ini sekali seumur hidupnya. Meskipun begitu, tapi tidak menutup kemungkinan padasebagian orang akan mengalami penyakit ini lebih dari satu kali.
Ciri khas cacar air adalah munculnya bintik kemerahan berisi cairan dan terasa gatal yang nantinya akan mengering dan terkelupas dalam beberapa hari. Bintik ini biasanya muncul di sekitar wajah, punggung, kulit kepala, dada, perut, lengan, dan kaki.

Apa Saja Gejala nya?

Gejala cacar air berupa demam ringan, pilek, batuk ringan, sakit kepala, lemas, dan tidak nafsu makan yang biasanya muncul 7-21 hari setelah paparan. Munculnya bentol pada tubuh 2-3 hari setelahnya yang kemudian berkembang menjadi lenting gatal yang berisi cairan, selanjutnya akan mengering dan berbentuk koreng dalam 4-5 hari.
Untuk penularan penyakit ini biasanya akan terjadi sejak 1-2 hari sebelum ruam muncul, sampai 6 hari setelah lenting terbentuk.

Apa Saja Penyebab nya?

Cacar air di sebabkan oleh varicella simplex yaitu virus varisela zoster. Virus ini dapat menular dengan mudah dan cepat. yang disebarkan secara aeorogen atau melalui udara. Penularan cacar air bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita, terkena cairan tubuh penderita melalui bersin atau batuk, memegang barang yang sebelumnya kontak dengan penderita, seperti seprai atau baju kotor
Waktu yang harus diwaspadai adalah 1-2 hari sebelum ruam merah muncul hingga 7 hari setelahnya atau hingga bintil benar-benar kering dan mengelupas.

Mengobati Cacar Air

Untuk mengobatinya bisa di berikan obat non-aspirin seperti acetaminofen, karena obat ini biasanya digunakan yang bertujuan untuk menurunkan demam. Catat jangan berikan aspirin pada anak.
Serta bisa menggunakan obat  Antihistamin, lotion calamine, dan mandi oatmeal yang bertujuan untuk mengurangi rasa gatal. Dan tidak kalah penting minum banyak cairan dan istirahat, akan sangat dianjurkan. Kemudian untuk mencegah penyebaran cacar air, jauhkan anak-anak dari orang lain hingga bentol mengering.
Walaupun pada sebagian kasus yang terjadi pada anak yang sehat tidak membutuhkan obat khusus, karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendiri.

Sekian informasi dari clinicsehat.com pada artikel kali ini, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pengunjung semua tentang cara mengobati cacar air.