Kesehatan

Cara Menghilangkan Putih Di Lidah Bayi dan Penyebabnya

Cara menghilangkan putih di lidah bayi dan penyebabnya supaya anda menjadi lebih tahu dan tidak merasa terlalu khawatir jika si kecil mengalami hal seperti ini.

Cara Menghilangkan Putih Di Lidah Bayi dan Penyebabnya

Putih di lidah bayi memang sudah menjadi hal yang biasa terjadi pada si kecil, dan pastinya anda pernah melihat adanya warna atau bercak putih di bagian lidah si kecil. Namun jika hal itu dibiarikan maka semakin lama tanpa adanya penanganan, bercak putih ini bisa menjalan ke bagian selaput lendir di bagian pipi si kecil.

Karena lidah putih pada bayi merupakan pertanda adanya infeksi jamur. Kondisi inilah yang menyebabkan bercak putih atau kuning pada langit-langit , gusi, bibir, dan lidah pada mulut bayi. Infeksi jamur ini juga bisa menyebar ke tenggorokan, amandel, atau kerongkongan. Namun lapisan putih ini biasanya tidak dapat dihilangkan dengan mudah. Sebelum di jelaskan cara mengobatinya alangkah lebih baik anda mengetahui dulu apa saja yang bisa menyebabkan lidah bayi putih berikut penjelasannya.

Penyebab Putih Di Lidah Bayi


Jamur yang menyebabkan infeksi pada lidah bayi adalah Candida albicans. Meskipun begitu orang yang sehat sekalipun bisa memiliki jamur ini di dalam mulutnya, dan biasanya itu tidak menyebabkan suatu masalah. Tapi, jika pertumbuhan jamur yang terlalu cepat dapat menyebaban infeksi pada selaput mulut, dan biasanya menyerang bayi berusia kurang dari 6 bulan. Karena sistem imun pada bayi belum berkembang dengan sempurna dan kemampuan melawan infeksi masih rendah sehingga bayi akan lebih berisiko terinfeksi jamur tersebut . Terutama pada bayi yang terlahir prematur.
Masalah lidah putih pada bayi akibat infeksi jamur juga dapat terjadi pada bayi yang menerima obat-obatan antibiotik. Karena antibiotik bekerja dengan cara melemahkan bakteri baik yang mengendalikan pertumbuhan jamur di mulut. Apabila ibu dari bayi sedang mengkonsumsi antibiotik untuk melawan infeksi tertentu, itu juga dapat menurunkan jumlah bakteri baik yang berperan penting untuk melawan jamur. Ini membuat Anda lebih mudah terinfeksi jamur dan akhirnya menularkannya pada si kecil.

Lantas bagaimana cara menghilangkan putih di lidah bayi? berikut adalah beberapa cara menghilangkan putih di lidah bayi.

Cara Menghilangkan Putih Di Lidah Bayi


1. Bersihkan Mulut bayi ketika selesai menyusu,
Anda bisa membersihkan bagian mulut si kecil dengan menggunakan sedikit air matang dan menggunakan kasa yang steril yang memang telah anda basahi dengan menggunakan air matang, dan untuk membersihkan nya sendiri anda bisa membersihkannya dengan cara mengusap mulut si kecil secara perlahan.

2. Mencuci Empeng dan Merendamnya
Jika sikecil sering menggunakan empeng, maka anda harus rajin dalam mencuci serta merendam empeng dengan menggunakan air panas secara teratur selama beberapa menit saja sebelum empeng tersebut di berikan kepada si kecil.

3. Jika Bayi Diberikan Susu Formula
Jika bayi di berikan susu formula biasanya akan mudah terkena masalah seperti lidahnya menjadi putih, nah untuk itu inilah cara perawatannya untuk bayi yang diberikan susu formula yang bisa anda lakukan. Yaitu Jika berat tubuh bayi sudah ideal, maka anda tidak usah memberikan susu formula pada malam hari anda cukup menggantinya dengan air mineral. Karena dengan demikian si kecil putih di lidah bayi akan berkurang.

4. Membilas Mulut Bayi
Namun jika berat tubuh si kecil belum idel, maka anda masih tetap memberikan susu formula untuk si kecil meskipun di malam hari. Namun ada hal yang harus anda lakukan yaitu setelah si kecil selesai menyusu, maka segeralah bilas bagian mulut si kecil dengan menggunakan air putih yang matang.

5. Pemberian pengobatan untuk mengobati lidah putih pada bayi
Nistatin, adalah obat tetes yang dapat anda berikan pada lidah bayi dengan menggunakan pipet. Nistatin lebih mudah diberikan pada bayi karena biasanya tidak menimbulkan efek samping.
Miconazole, merupakan obat yang biasa digunakan untuk membersihkan putih pada lidah bayi dalam bentuk gel. Cara melakukannya pun sangat sederhana anda hanya mengoleskan obat ini pada mulut bayi yang terkena infeksi menggunakan jari yang bersih.


Nah itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung semua tentang cara menghilangkan putih di lidah bayi.