Herpes Adalah? Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Herpes adalah? gejala, penyebab, dan cara mengobati nya yang harus diketahui supaya anda lebih tahu dan memahami dan tidak salah dalam menanganinya.

Herpes Adalah? Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Apa Itu Herpes?

Herpes adalah penyakit kulit yang timbul akibat serangan virus HSV dan infeksi virus herpes biasanya ditandai dengan adanya lepuhan kulit dan kulit kering. jenis herpes yang paling umum ditemui adalah herpes kulit dan herpes genetalia, namun herpes juga biasanya menyerang bagian tubuh seperti leher, bibir, atau bagian tubuh yang lain dan dapat menyebabkan sensasi gatal yang disertai rasa perih. dan supaya mendapatkan penanganan yang tepat Anda harus mengetahui lebih banyak apa itu herpes.

Jenis Penyakit Herpes

Herpes sendiri di bagi menjadi dua tipe, yaitu Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Meskipun keduanya sama-sama disebabkan oleh virus herpes, namun gejala herpes yang ditunjukkan oleh kedua jenis ini akan berbeda tidak sepenuhnya sama.
Berikut adalah penjelasan keduana :

1. Herpes Simplex

Herpes Simplex sendiri dibagi menjadi dua tipe yaitu :
  • HSV-1 yaitu Tipe 1 atau dikenal dengan Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus jerpes ini biasanya akan menyerang pada bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum.

• HSV-2 yaitu Tipe 2, biasa dikenal dengan HSV-2 (herpes genitalis). Virus herpes ini biasanya menyerang bagian pinggang ke bawah seperti bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis. Penularan HSV-2 ini bisa menular melalui hubungan seks.

2. Herpes Zoster

Herpes zoster merupakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama. Herpes zoster sendiri memiliki ciri yaitu cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

Apa Saja Penyebabnya?

1. Penyebab herpes yang pertama ialah virus herpes simpleks tipe I dan II. Kedua virus tersebut masuk dalam golongan virus Herpes hominis yang tergolong virus DNA. Yang bisa ditularkan secara langsung yakni adnya kulit dengan kulit penderita yang terinfeksi.
  2. Herpes zoster disebabkan oleh Virus varisela yang merupakan penyebab cacar air dapat menetap di dasar tulang tengkorak atau tulang belakang. Sistem kekebalan tubuh dapat membuat virus tidak aktif, namun bisa saja di kemudian hari saat cacar air sudah sembuh pun virus tersebut dapat kembali aktif.

Apa Saja Gejala Herpes?

Berikut adalah gejala herpes secara umum yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut :
  • Terjadi demam
  • Badan menggigil
  • Napas terasa sesak
  • Nyeri pada persendian
  • Terasa pegal pada satu bagian rubuh
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit
  • Perut terasa sakit
Gejala herpes ini biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 8 hari atau 1 minggu.

Bagaimana Cara Mengobati Herpes?

Adapun cara mengobati penyakit ini biasanya akan diberikan obat yang ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala seperti nyeri dan demam, misalnya dengan memberikan paracetamol. Serta memberian obat Acyclovir tablet (Desciclovir, Famciclovir, Valacyclovir, dan Penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes.
 Untuk pemberian obat Acyclovir saat timbulnya rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu sampai munculnya gelembung cairan (blisters).

Herpes adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh serta penyakit yang mengganggu, tapi tidak perlu gelisah karena herpes merupakan penyakit yang tetap bisa ditangani. Namun pada kondisi yang serius di mana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapatkan pengobatan terapi infus (IV) Acyclovir.
Sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin Varisela zoster yang bertujuan untuk pencegahan, berikut adalah urutannya :
  • Pada anak sehat usia 1-12 tahun biasanya akan diberikan satu kali
  • Selanjutnya akan diberikan lagi pada masa pubertas yang bertujuan untuk memantapkan kekebalan menjadi 60%-80%.
  • Berikan imunisasi sekali lagi saat sudah menginjak usia dewasa untuk bertujuan untuk menyempurnakannya.

Nah, itulah informasi dari clinicsehat.com pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan membuat anda jadi lebih mengetahui apa itu penyakit herpes.