Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati yang merupakan salah satu penyakit menular seksual ini paling sering terjadi pada orang yang aktif secara seksual.

Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Gonorea atau biasa di sebut kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus, penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk pria maupun wanita.
Bakteri dari penyakit ini yaitu gonococcus biasanya dapat ditemukan pada cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi, serta bakteri penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing dan sperma, mata, serta tenggorokan.

Gejala Penyakit Gonore
Gejala gonore yang sering muncul di antaranya adalah
  • Adanya rasa sakit yang disertai perih saat buang air kecil
  • Adanya keluaran cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis.
Meskipun begitu namun tidak semua orang menyadari gejala yang muncul dari penyakit menular seksual ini. Bahkan ada yang mengidap kondisi ini, namun tanpa menunjukkan gejala-gejala yang ada dan biasanya disebut nonsymptomatic carrier alias pembawa non gejala. Terdapat dua gejala berbeda pada perempuan dan laki-laki.
Sehingga sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.

Biasanya gejala gonore pada pria lebih mudah dikenali dibandingkan wanita karena gejala awal pada wanita mungkin sangat ringan atau tidak begitu jelas sehingga sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih.

Penyebab Penyakit Gonore
Gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhea, dan bakteri ini merupakan suatu bakteri tertarik pada selaput lendir dari tubuh Anda atau pada daerah hangat dan lembap di saluran reproduksi Anda seperti pada leher rahim, saluran rahim, dan saluran tuba pada wanita, dan di uretra pada wanita dan laki-laki.

Perkembangan bakteri ini dapat tumbuh dengan biak, dan akteri Neisseria gonorrhea penyebab kencing nanah ini sering tertular dari satu orang ke orang lain saat adanya kontak seksual, termasuk pada hubungan oral, anal, atau vagina.

Cara Mengobati Penyakit Gonore
Untuk mengobati gonore yaitu bis dengan menggunakan antibiotik oral atau injeksi. Jika Anda terkena penyakit ini maka pasangan Anda pun harus diobati pada saat yang sama supaya tidak terjadi infeksi dan penyebaran penyakit lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa jenis antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gonore :

• Cefixime dan sefalosporin, Antibiotik yang digunakan sebagai pengganti bila ceftriaxone tidak tersedia. Obat ini berfungsi untuk menghambat sintesis dinding sel bakteri dan digunakan bersamaan dengan azithromycin. Keduanya digunakan bila pasien tidak memiliki komplikasi.
  • Doxycycline, Antibiotik yang berfungsi untuk menghambat sintesis protein yang dapat memicu pertumbuhan bakteri. Penggunaan Doxycycline sendiri yaitu selama 10 sampai 14 hari dengan dosis 100 mg sebagai tambahan dosis tunggal ceftriaxone untuk mengobati radang panggul (PID).
  • Ceftriaxone (rocephin), Antibiotik yang biasanya digunakan secara bersamaan dengan azithromycin untuk menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri yang sudah mencapai darah.
  • Azithromycin (zithromax, zmax), Antibiotik yang biasa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Erythromycin, Salep tetes antibiotik yang direkomendasikan untuk digunakan pada bayi yang baru lahir untuk mencegah penyakit konjungtivitis (radang konjungtiva mata).

Pasien yang gejalanya tidak berangsur membaik dapat disebabkan oleh infeksi gonore lain atau kegagalan pengobatan, karena bakteri tertentu dari penyakit menular seksual ini telah menjadi kebal pada antibiotik sehingga tidak dapat lagi dibunuh oleh antibiotik tersebut. Jadi, pasien harus diberikan antibiotik yang lain untuk menyembuhkan infeksi. Ada yang perlu di ingat bahwa pada beberapa orang yang menderita gonore juga bisa terkena klamidia.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini semoga bermanfaat untuk pengunjung semua,  serta kita semua selalu ada dalam keadaan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Jangan lupa untuk share pada kerabat Anda semua tentang informasi penyakit gonore.