Kesehatan

Kolesterol - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Kolesterol - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati akan di bahas pada artikel kali ini karena penyakit yang satu ini memang banyak sekali dijumpai di masyarakat.

Kolesterol - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati


Kolesterol adalah senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh, meskipun zat ini sering dipandang negatif karena semua orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi itu harus dihindari. Dan Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Namun sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. dan kolesterol pun ada 2 macam yaitu kolesterol jahat yang di sebut lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) sedangkan kolesterol baik yaitu lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL).

Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diketahui

Sebenarnya tidak ada tanda gejala khusus yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kondisi ini, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi atau masih dalam batas normal adalah dengan melakukan pemeriksaan kadar HDL dan LDL.

Dengan begitu banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya mengalami kondisi ini dikarenakan ia tidak pernah memeriksakannya. Biasanya mulai mengetahui saat bersamaan dengan diagnosis penyakit lain, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau stroke.

Namun sering ditemukan pada penderita dislipidemia, gejala seperti nyeri perut, pusing, Nyeri dada, sesak napas, nyeri kepala terutama di tengkuk, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, nyeri betis bila berjalan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans secara berlebih dapat menyebabkan kadar LDL Anda meningkat, seperti makan gorengan, ayam dengan kulit, daging berlemak, dan fast food.
  • Orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas cenderung mempunyai kadar LDL yang tinggi.
  • Perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang makin menurun, Sehingga tidak heran orang yang lanjut usia akan memiliki jumlah LDL yang lebih besar daripada orang yang lebih muda.
  • Kurang olahraga ternyata dapat menadi penyebab kolesterol tinggi, karena olahraga bisa membantu meningkatkan kadar HDL dan juga membuat LDL menjadi kurang berbahaya, dengan cara meningkatkan ukuran partikel yang membentuk LDL.
  • Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, biasanya Anda mungkin akan mengalami hal yang sama. Penyakit ini tidak hanya bisa dimiliki oleh orang gemuk saja bahkan orang kurus yang mempunyai keturunan kolesterol tinggi pun bisa jadi mempunyai kolesterol yang tinggi juga.

Cara Mengobati Kolesterol

1. Menurunkan kolesterol tinggi dengan obat kolesterol alami

Berikut adalah beberpa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan LDL secara alami :

-Ubah kebiasaan makan Anda
Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi, karena kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan LDL dalam darah. Seperti jeroan, daging berlemak, makanan berminyak atau yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya.
Karena obat kolesterol alami yang paling ampuh adalah dengan memerhatikan makanan yang Anda makan. Karena makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh sekali pada kadar HDL dan LDL dalam tubuh.

-Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan adalah cara yang harus dilakukan supaya kolesterol menurun, karena efek penurunan berat badan ini sangat positif sekali terhadap kadar LDL dan HDL Anda. Lakukan penurunan berat badan ini dengan cara sehat, target berat badan Anda berkurang sebesar 0,5-1 kg per minggu.
Karena orang yang mempunyai berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL, agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar Anda menurunkan berat badan karena memang salah satu obat kolesterol alami yang ampuh.

-Lakukan olahraga teratur
Dengan berolahraga teratur maka akan meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Lakukan olahraga rutin setiap harinya minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.

-Berhenti merokok
Obat kolesterol alami untuk mengendalikan kolesterol tinggi yaitu dengan berhenti merokok, hentikan kebiasaan merokok jika Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi. Karena merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat.

-Hindari stres
Lakukan aktivitas yang menyenangkan supaya membuat Anda terhindar dari stres, serta mencukupi kebutuhan tidur Anda. Karena jika kurang tidur bisa membuat tubuh stres. karena kadar LDL bisa meningkat disaat kondisi sedang stres.

2. Menurunkan kolesterol tinggi dengan obat kolesterol statin

Selain mengubah gaya hidup, supaya kolesterol turun adalah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol, tak heran jika banyak orang lebih senang mengkonsumsi obat penurun kolesterol untuk menurunkan LDL dibandingkan mengubah pola hidup. Beberapa jenis obat kolesterol tinggi yang sering digunakan yaitu statin, termasuk atorvastatin, lovastatin, simvastatin, pravastatin, dan rosuvastatin.

Namun obat kolesterol tinggi ini juga dapat menyebabkan efek samping sama seperti obat-obatan lain. Efek samping umum akibat dari penggunaan obat penurun kolesterol ini adalah pusing, masalah pencernaan, nyeri otot dan sendi, diabetes mellitus tipe 2, sampai kerusakan otot dan hati.
Jangan mengkonsumsii obat ini sekaligus dalam jumlah banyak karena ini dapat menjadi penyebab terjadinya resiko efek samping, atau jika Anda mempunyai penyakit lainnya seperti penyakit ginjal atau hati.

Sekian Informasi kesehatan dari clinicsehat.com pada pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk pengunjung semua dan menjadi penambah pengetahuan tentang cara menurunkan kolesterol.