Penyakit Menular Seksual - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Penyakit Menular Seksual - Gejala, Penyebab, dan Mengobati karena merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus diketahui supaya kita lebih waspada.

Penyakit Menular Seksual - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan suatu penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, atau biasa juga disebut dengan istilah penyakit kelamin.

Penularan penyakit ini dapat terjadi lewat darah, sperma, cairan vagina, atau cairan tubuh lainnya, serta bisa terjadi melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian atau berulang pun akan meningkatkan risiko penularan, hubungan ibu pada janin dalam kandungan atau setelah bayi dilahirkan.

Terdapat lebih dari 20 jenis penyakit menular seksual dan berikut ini penyakit kelamin yang paling sering terjadi, berikut gejalanya.

Gejala Penyakit Menular Seksual

• Penis akan mengeluarkan cairan
  • Vagina mengeluarkan cairan yang tidak biasa dan berbau.
  • Terjadi pendarahan pada vagina yang tidak wajar
  • Sakit atau terdapat benjolan di alat kelamin atau di area mulut atau dubur
  • Merasa sakit atau panas saat buang air kecil
  • Adanya rasa sakit selama seks
  • Kelenjar getah bening akan sakit dan membengkak, khususnya di selangkangan tapi kadang-kadang lebih menyebar
  • Sakit pada perut bagian bawah
  • Terjadi demam serta merasa lesu
  • Ruam pada anggota tubuh lainnya, seperti tangan atau kaki
Mungkin ada beberapa gejala lainnya yang tidak tercantum di atas, serta jika Anda merasa cemas tentang gejala di atas maka segeralah konsultasi ke dokter Anda.

Apa Penyebab Penyakit Menular Seksual?

Berikut beberapa jenis patogen yang menjadi penyebab terjadinya penyakit menular seksual :
  • Bakteri: Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, Treponema pallidum, Haemophilus ducreyi
  • Virus: Human Immunodeficiency Virus, Herpes simplex virus, Human papillomavirus, hepatitis B
  • Jamur: Candida albicans
  • Parasit: Phthirus pubis, Sarcoptes scabies

Tes dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual?

Untuk mengetahui Anda tertular penyakit kelamin atau tidak, Anda wajib melakukan beberapa tes laboratorium seperti Tes darah, Sampel urin, Sampel cairan.
Untuk pengobatannya akan diberikan beberapa jenis obat seperti di bawah ini :
  • Antibiotik : merupakan obat yang paling efektif untuk menyembuhkan banyak infeksi menular seksual yang di sebabkan oleh bakteri dan parasit seperti gonore, sifilis, klamidia, dan trichomoniasis.
  • Obat antivirus: berfungsi untuk mengurangi risiko infeksi atau kekambuhan jika Anda meminumnya setiap hari.
  • Semakin dini Anda mulai melakukan pengobatan, semakin efektif juga obat untuk menyembuhkan penyakit.
Obat-obatan ini digunakan dan diawasi di bawah pengawasan dan resep dokter.

Sekian informasi dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua serta menambah pengetahuan tentang penyakit menular seksual.