Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati yang harus diketahui supaya Anda dapat lebih mengetahui tentang penyakit yang satu ini dan benar dalam menanganinya.

Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus, sinus adalah rongga kecil berisi udara yang berada di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis sendiri termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala usia baik tua maupun muda.
Berikut di bawah ini adalah beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain:
-Sinusitis akut.
-Sinusitis Subakut.
-Sinusitis Kronis.
-Sinusitis Kambuhan.

Tanda dan Gejala Sinusitis

Berikut adalah beberapa gejala sinusitis secara umum :
  • Kepala terasa sakit
  • Adanya demam dengan suhu 38°Celcius atau bahkan lebih
  • Hidung menjadi tersumbat atau adanya cairan kuning kehijauan yang keluar
  • Nyeri pada area wajah dan ketika ditekan terasa sakit
  • Kehilangan indera penciuman
  • Napas berbau (halitosis)

Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis yang paling umum yang sering terjadi pada orang dewasa adalah karena adanya suatu pembengkakan pada dinding dalam hidung. Kondisi ini biasanya karena disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas.

Selain infeksi virus faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa adalah adanya infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Infeksi bakteri sekunder bisa terjadi setelah terjadi pilek atau flu, yang berakibat dapat menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Pada anak-anak sinusitis disebabkan oleh adanya reaksi alergi, karena tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, akibat kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam keadaan berbaring, serta di akibatkan oleh tinggal di lingkungan yang penuh asap.

Mengobati Sinusitis

Untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sinusitis yaitu dengan memberikan obat sinusitis semprot atau obat sinusitis tetes dekongestan. Untuk mengatasi sakit kepala ringan yang di rasakan, Anda dapat menggunakan obat sinusitis yang mengandung penghilang rasa sakit seperti yang mengandung paracetamol.

Antihistamin atau obat sinusitis yang disemprot ke hidung pun biasanya menjadi pilihan untuk mengatasi sinusitis, serta pemberian obat kortikosteroid yang bertujuan untuk mengurangi pembengkakan sinus, karena dengan metode ini makan sangat efektif jika Anda menderita polip hidung.

Biasanya, peradangan pada sinus adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh infeksi, sehingga antibiotik juga perlu diberikan. Selain itu, dokter juga mungkin akan melakukan prosedur pembedahan pada kasus sinus yang disebabkan oleh infeksi jamur, septum hidung yang menyimpang, atau polip hidung.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa share ke teman saudara atau bahkan pacarnya serta baca juga artikel lainnya selain tentang penyakit sinus.