Kesehatan

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin yang sangat penting untuk diketahui karena begitu banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya bagi tubuh.

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin


Buah naga mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan seperti kandungan vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Karena buah ini kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu kandungan nutrisi dalam buah ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.
Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin di bawah ini :

1. Membentuk Sel Darah Merah
Di dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi di dalam buah naga berfungsi untuk pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya.

2. Sumber vitamin C
Karena jika pada masa kehamilan kita mengkonsumsi vitamin C tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Vitamin C dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah, serta membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus teratur dalam mengonsumsi vitamin C karena jika kelebihan dalam konsumsi vitamin C selama kehamilan justru bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

3. Sumber karbohidrat
Pada saat masa kehamilan mengonsumsi 9 hingga 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat per hari itu sangat diperlukan. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi Anda dan membantu pertumbuhan janin. Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat alami yang terkandung dalam buah naga. Sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji yang terkandungdalam buah naga. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda dapat mencoba makanan sumber karbohidrat tambahan dari nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.

4. Sumber Antioksidan
Karena pada saat hamil mengonsumsi antioksidan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin. Ada beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam buah naga seperti, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain buah naga, Anda bisa mendapatkan antioksidan dari sayuran dan buah lain, seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.

5. Sumber serat
Pada saat Anda sedang hamil tentunya mengonsumsi 25 sampai 35 gram serat per hari, karena serat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Buah naga sendiri mengandung 3 gram serat per 100 gram. Untuk mencukupi tambahan serat, Anda dapat mengonsumsi makanan lain, seperti sereal dan roti dari gandum utuh.

6. Sumber Lemak Sehat
Tidak hanya lemak merupakan sumber energi selama kehamilan untuk Mama dan janin, itu juga diperlukan dalam pembentukan otak janin. Dalam porsi buah naga, ada sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal.
Makan jenis lemak ini lemak jenuh atau asam lemak trans, bisa mendukung peningkatan berat badan yang sehat selama kehamilan.

7. Mengobati Sembelit
Konstipasi adalah keluhan umum yang paling diharapkan oleh para ibu. Serat tinggi dalam buah naga membantu melawan sembelit. Nutrisi dalam buah bertindak sebagai agen pembersihan untuk melawan banyak gangguan pencernaan lainnya.
Dalam seporsi buah naga mengandung serat yang cukup, ada sekitar 0,3 hingga 0,9 gram serat. Setidaknya 28 gram serat per hari direkomendasikan oleh asupan referensi makanan saat kamu hamil.

8. Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin
Buah naga juga memiliki kandungan folat yang baik dan sangat diperlukan selama masa kehamilan, karena folat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin dan perkembangan janin. Oleh karena itu folat sangat penting sekali untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, karena jika tumbuh kembang janin tidak normal,  maka janin tersebut rentan terkena keguguran dan juga rentan terkena kecacatan. Janin yang kekurangan folat bisa menderita kecacatan tabung di bagian syaraf dan juga cacat syaraf.

9. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin
Kandungan karoten yang ada di dalam buah naga, terutama buah naga merah manfaat nya yaitu untuk menyempurnakan indera penglihatan janin saat berada di dalam kandungan. Selama di dalam kandungan indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai kesempurnaan.

10. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan
Saat masa hamil tentunya ibu tidak boleh kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi, hal itu dikarenakan jika kekurangan gizi janin yang ada di dalam kandungan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Dan janin yang mengalami kekurangan gizi maka sangat rentan dilahirkan dalam kondisi mal nutrisi dan juga memiliki berat badan yang rendah. Kandungan seperti protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi yang kompleks bagi ibu dan janin yang ada di dalam rahim.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa untuk share informasi kesehatan ini pada pada semua orang yang anda kenal.
Serta baca juga artikel lainnya selain manfaat buah naga untuk ibu hamil.