Kesehatan

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan yang wajib Anda ketahui sebab begitu banyak sekali manfaat yang akan di dapat jika kita konsumsi buah yang satu ini.




Buah semangka atau nama latin Citrullus lanatus ini banyak sekali di tanam budidayakan di Indonesia. Rasanya yang sedikit manis dan segar ini kaya sekali akan kandungan air, dibalik kenikmatan buah semangka bahwa buah ini memiliki segudang manfaat. Lalu apa saja manfaat dari buah yang satu ini, namun sebelum membahasnya kita lihat dahulu beberapa kandungan lengkap nutrisi dari buah semangka :
  • Mengandung 92% air
  • kadar vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C
  • Mengandung lycopene, zat antioksidan, dan asam amino
  • Mengandung lemak yang rendah dan terdapat 40 kalori per gelasnya
Manfaat buah semangka untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan jantung
Buah semangka mempunyai kandungan lycopene yang tinggi yang bermanfaat dan efektif untuk  melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung. Buah ini juga mengandung citruline dan arginine yang baik untuk kesehatan jantung. Arginine berperan penting dalam menjaga kesehatan aliran darah yang dipompa oleh jantung serta membantu mengurangi lemak berlebih pemicu timbulnya kolesterol hingga serangan jantung mendadak.

2. Menghidrasi tubuh
Kandungan air yang terdapat pada buah semangka memang sangat banyak dan bermanfaat sekali dalam membantu Anda tetap terhidrasi, dan isinya penuh kandungan elektrolit yang baik, serta baik juga untuk membantu suhu tubuh agar tetap stabil dalam cuaca panas.

3. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Vitamin A yang terdapat pada buah semangka ternyata dapat membantu menjaga kulit dan batang rambut Anda tetap lembab, serta dapat membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah.

4. Mengatasi nyeri otot
Dengan kita minum jus semangka ternyata dapat menenangkan otot setelah berolahraga, dan atlet pun yang mengonsumsi  lebih dari 16 ons jus semangka 1 jam sebelum berolahraga, tidak mengalami nyeri otot yang berlebih dan denyut jantung yang stabil sehari-hari.

5. Meningkatkan sistem Imunitas Tubuh
Kandungan Vitamin C tinggi yang terdapat pada buah semangka, berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan terhindar penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah semangkat berkhasiat untuk melancarkan urine, oleh karena itu kesehatan ginjal pun akan tetap terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan Likopen yang ada dalam buah ini ternyata berperan penting dalam membantu tulang dalam asupan kalsiumnya, sehingga membuat kita terhindar dari penyakit keropos tulang / osteoporosis.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermafaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada kerabat Anda serta jangan lupa baca juga artikel lainnya selain manfaat buah semangka.