Tips Dan Info Kesehatan

Kesehatan

Batuk Berdarah - Gejala, Penyebab, dan Megobati

Batuk Berdarah - Gejala, Penyebab, dan Megobati yang harus diketahui karena ini merupakan suatu kondisi serius yang harus di waspadai jika menimpa diri Anda.

Batuk Berdarah - Gejala, Penyebab, dan Megobati


Batuk darah atau hemoptisis merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami batuk yang disertai darah yang bisa timbul akibat sejumlah kondisi. Ciri-ciri darah yang keluar saat batuk pun bisa bermacam-macam, ada yang berwarna merah muda, dan ada juga yang memiliki tekstur berbusa atau bahkan bercampur dengan lendir.
Darah tersebut biasanya berasal dari paru-paru yang di akibatkan oleh adanya infeksi atau batuk yang berkepanjangan, sedangkan darah yang keluar berwarna gelap yang disertai noda hitam seperti bubuk kopi maka darah tersebut berasal dari saluran pencernaan dan kondisi tersebut cukup serius memerlukan penanganan medis secepatnya.

Penyebab batuk darah
Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk darah :
  • Bronkitis, adalah peradangan yang terjadi pada jaringan paru-paru dan merupakan penyebab batuk darah yang paling sering. Namun batuk berdarah yang disebabkan oleh kondisi ini biasanya tidak berbahaya atau bahkan mengancam nyawa.
  • Infeksi paru, selain batuk darah seorang yang menderita penyakit ini akan mengeluarkan dahak berwarna kekuningan atau bernanah yang disertai sesak napas dan demam.
  • Edema paru atau penumpukan cairan, seseorang yang mengalami edema paru yang juga terdiagnosis memiliki masalah pada jantung biasanya akan mengalami kondisi batuk darah, dan darah yang keluar memiliki tekstur berbusa dan berwarna merah muda.
  • Emboli paru atau penggumpalan darah, kondisi ini dapat menyebabkan adanya batuk darah serta adanya rasa nyeri pada dada dan sesak napas secara tiba-tiba.
  • Tuberkulosis atau TBC, ini merupakan golongan infeksi paru-paru parah yang dapat menjadi penyebab terjadinya batuk darah, serta TBC juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam dan berkeringat berlebihan.
  • Kanker paru-paru, batuk darah memang gejala utama dari kanker paru, terutama pada stadium akhir penderita akan mengalami gejala lain seperti mengi, serta sesak napas.
  • Varises bronkial, batuk darah yang terjadi akibat pecahnya varises bronkial, pada penderita sirosis hati dan keadaan hipertensi portal lainnya.
Pemeriksaan yang harus dilakukan dalam kasus batuk darah yaitu bertujuan untuk mencari tahu penyebab dari kondisi tersebut, mengukur tingkat perdarahan, dan mewaspadai adanya risiko gangguan pernapasan. Karena diagnosis bisa didapat oleh dokter melalui gejala yang diperlihatkan oleh pasien, riwayat kesehatan mereka, serta melalui beberapa tes lanjutan yang harus di lakukan yaitu seperti:
  • Pemeriksaan sampel dahak, apabila batuk darah yang Anda alami diduga disebabkan oleh infeksi, sampel tersebut akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium.
  • Pemeriksaan darah, Selain kadar sel darah merah dan putih,elektrolit serta fungsi ginjal pasien akan diukur melalui pemeriksaan zat kimia darah. Sertadapat mengukur kadar oksigen dan karbon dioksida di dalam darah melalui pemeriksaan yang dinamakan oksimetri nadi dan analisis gas darah, serta dapat mengukur kemampuan darah dalam membeku melalui tes koagulasi.
  • Pemeriksaan foto Rontgen pada dada, dengan melakukan pemeriksaan ini maka dapat diketahui ada atau tidaknya masalah pada saluran pernapasan bawah dan paru-paru, seperti infeksi atau penumpukan cairan di dalam paru-paru.
  • Bronkoskopi, Tes yang dilakukan dengan cara memasukkan alat yang disebut endoskop ke dalam saluran pernapasan melalui mulut atau hidung. Alat berbentuk selang yang dilengkapi kamera ini bertujuan untuk  membantu dokter mengetahui penyebab batuk darah.
  • CT scan, bertujuan menghasilkan gambar dari struktur dada secara terperinci dan supaya lebih jelas.
  • Pemeriksaan urine, pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi kondisi yang tidak normal yang menjadi penyebab batuk darah.

Pengobatan batuk darah
Pengobatan batuk darah harus didasarkan pada penyebabnya, dan berikut adalah beberapa jenis penanganan batuk darah adalah sebagai berikut
  • Pemberian antibiotik, yang diberikan untuk pegobatan pada penyakit infeksi paru-paru akibat bakteri, seperti tuberkulosis atau pneumonia.
  • Pemberian steroid, jika batuk darah yang di alami seorang pasien itu disebabkan oleh adanya radang.
  • Terapi radiasi atau kemoterapi, pengobatan yang dilakukan jika batuk darah disebabkan oleh kanker paru-paru.
  • Embolisasi arteri bronkial, pengobatan yang dilakukan jika batuk darah terjadi akibat pendarahan di dalam arteri. Pengobatan dalam metode ini, dokter akan mengalihkan peredaran darah ke arteri lain yang lebih sehat dan memblok arteri yang bermasalah dengan menggunakan suatu zat atau bahkan kumparan logam.
  • Operasi, tindakan yang dilakukan untuk menangani gejala batuk darah akibat kondisi yang mengancam nyawa, misalnya operasi pengangkatan paru-paru pada penyakit paru-paru parah.
  • Bronkoskopi, tindakan yang dilakukan untuk mengatasi batuk darah denganteknik mengembangkan sebuah balon di dalam jalan napas  yang bertujuan menghentikan perdarahan.

Sekian informasi dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa untuk share artikel ini pada orang terdekat Anda serta baca juga artikel lainnya selain batuk keluar darah.

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan yang wajib Anda ketahui sebab begitu banyak sekali manfaat yang akan di dapat jika kita konsumsi buah yang satu ini.




Buah semangka atau nama latin Citrullus lanatus ini banyak sekali di tanam budidayakan di Indonesia. Rasanya yang sedikit manis dan segar ini kaya sekali akan kandungan air, dibalik kenikmatan buah semangka bahwa buah ini memiliki segudang manfaat. Lalu apa saja manfaat dari buah yang satu ini, namun sebelum membahasnya kita lihat dahulu beberapa kandungan lengkap nutrisi dari buah semangka :
  • Mengandung 92% air
  • kadar vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C
  • Mengandung lycopene, zat antioksidan, dan asam amino
  • Mengandung lemak yang rendah dan terdapat 40 kalori per gelasnya
Manfaat buah semangka untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan jantung
Buah semangka mempunyai kandungan lycopene yang tinggi yang bermanfaat dan efektif untuk  melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung. Buah ini juga mengandung citruline dan arginine yang baik untuk kesehatan jantung. Arginine berperan penting dalam menjaga kesehatan aliran darah yang dipompa oleh jantung serta membantu mengurangi lemak berlebih pemicu timbulnya kolesterol hingga serangan jantung mendadak.

2. Menghidrasi tubuh
Kandungan air yang terdapat pada buah semangka memang sangat banyak dan bermanfaat sekali dalam membantu Anda tetap terhidrasi, dan isinya penuh kandungan elektrolit yang baik, serta baik juga untuk membantu suhu tubuh agar tetap stabil dalam cuaca panas.

3. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Vitamin A yang terdapat pada buah semangka ternyata dapat membantu menjaga kulit dan batang rambut Anda tetap lembab, serta dapat membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah.

4. Mengatasi nyeri otot
Dengan kita minum jus semangka ternyata dapat menenangkan otot setelah berolahraga, dan atlet pun yang mengonsumsi  lebih dari 16 ons jus semangka 1 jam sebelum berolahraga, tidak mengalami nyeri otot yang berlebih dan denyut jantung yang stabil sehari-hari.

5. Meningkatkan sistem Imunitas Tubuh
Kandungan Vitamin C tinggi yang terdapat pada buah semangka, berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan terhindar penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah semangkat berkhasiat untuk melancarkan urine, oleh karena itu kesehatan ginjal pun akan tetap terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan Likopen yang ada dalam buah ini ternyata berperan penting dalam membantu tulang dalam asupan kalsiumnya, sehingga membuat kita terhindar dari penyakit keropos tulang / osteoporosis.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermafaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada kerabat Anda serta jangan lupa baca juga artikel lainnya selain manfaat buah semangka.

7 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil inilah salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena nutrisi yang didapat saat hamil sangat penting sekali.

7 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil


Buah plum merupakan salah satu buah import yang berasal dari Tiongkok ini memang sangat populer dikarenakan kandungan nutrisinya yang sangat lengkap dan manfaatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita, manfaat Buah Plum bisa digunakan untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi.

Buah plum mengandung banyak nutrisi yang di dalamnya, seperti beberapa vitamin dan mineral. Berikut kandungannya seperti vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga mengandung vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ). Serta mengandung mineral termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Dan juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak berbahaya.

Berikut adalah 7 manfaat buah plum untuk ibu hamil :

1. Buah Plum Mengobati Anemia.
Karena kandungan vitamin C yang terkandung dlam buah plum yang berguna meningkatkan penyerapan besi dalam organ pencernaan sehingga Plum dapat mencegah terjdinya anemia.

2. Buah Plum Mengobati sembelit atau BAB tak lancar .
Banyak faktor penyebab sembelit dan sering terjadi orang  dewasa, terutama saat sedang dalam masa hamil. Dikarenakan beberapa faktor seperti kurang olahraga, kurang gizi buah-buahan dan sayuran, makan daging dalam jumlah berlebihan dll. Sehingga dengan kita mengonsumsi buah Plum denganbegitu akan membantu dalam mencegah dan mengobati sembelit.

3. Meningkatkan memori otak .
Kandungan antioksidan yang kuat di dalam buah plum ini sangat bermanfaat sekali dalam membantu menmperbarui sel tubuh yang rusak yang mempengaruhi memori otak.

4. Ideal untuk diet sehat ibu hamil .
Buah Plum memiliki jumlah kalori yang rendah dengan begitu berarti sangat baik untuk dimasukkan salah satu daftar makanan dalam diet bahkan jika sedang hamil.
Setidaknya bua ini mengandung 30 kalori, hanya 1,5% dari kalori yang dianjurkan untuk setiap hari dari diet yaitu 2.000 kalori per hari.

5. Menghidrasi tubuh
Karena pada saat hamil memang sangat rentan sekali mengalami dehidrasi, oleh karena itu meminum jus plum penting untuk menghidrasi tubuh Anda.

6. Buah Plum hitam mengandung karbohidrat gula cukup rendah
Buah plum mempunyai konsentrasi tinggi karbohidrat yang merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin, jadi buah ini sangat dianjurkan buat wanita hamil untuk mengkonsumsimya agar Anda tidak memiliki masalah dengan kadar gula darah.

7. Kaya akan asam folat
Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting sekali untuk ibu hamil dan janin, sebab asam folat penting untuk membantu proses pertumbuhan otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf janin. Oleh karena itu konsumsi buah plum saat hamil bermanfaat sekali.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa share informasi ini serta baca juga artikel lainnya selain manfaat buah plum untuk ibu hamil.

7 Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil dan Janin

7 Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil dan Janin wajib diketahui karena buah yang satu ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan terutama jika Anda sedang hamil.

7 Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil dan Janin


Buah bit merupakan salah satu buah yang berjenis umbi-umbian yang memiliki daging buah berawarna merah keunguan, buah bit juga seringkali digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit serta penting di konsumsi oleh ibu hamil sebab banyak sekali manfaat buah bit untuk ibu hamil.

Karena saat hamil tentunya kebutuhan nutrisi harus tercukupi dengan baik, kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Bayi yang ada di dalam harus mendapatkan nutrisi yang sangat baik supaya tetap sehat.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah bit :

1. Meniingkatkan zat besi
Seperti yang kita semua sudah ketahui jika zat besi merupakan salah satu senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama ketika sedang hamil, dan uah bit tentunya mengandung kadar zat besi yang sangat tinggi.
Kandungan zat besi dalam buah bit ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, dengan konsumsi buah bit setiap harinya maka itu sama saja akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Sehingga ibu yang sedang hamil tidak akan mengalami masalah kekurangan darah atau mengalami anemia selama masa kehamilan.

2. Baik untuk pertumbuhan janin
Tumbuh kembang janin 1 bulan dan seterusnya memang merupakan perkembangan yang sangat penting dan harus diperhatikan, tentunya kita harus mencukupi semua kebutuhan gizi sehingga janin yang ada di dalam tubuh supaya tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu mulai sekarang konsumsilah buah bitdengan teratur, karena banyak sekali manfaat yang diberikan buah bit ini kepada ibu yang sedang hamil.

3. Pembersihan darah selama kehamilan
Buah bit mengandung berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh kita seperti misalnya vitamin A, vitamin B, zat besi, karbohidrat, protein, dan masih banyak lagi. Semua kandungan itu sangat bermanfaat untuk membersihkan atau memrunikan darah kita selama sedang mengandung dan bisa mencegah terjadinya kecacatan.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh selama kehamilan
Buah bit mengandung vitamin dan senyawa penting yang ada di dalam buah bit bisa membantu kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Hal ini karena ternyata buah bit juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membantu tubuh dengan mudah menyerap zat besi yang ada di dalam buah bit.

5. Membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang terdapat dalam buah bit mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi terutama bagi anak-anak dan ibu hamil, karena pada masa pertumbuhan anak-anak memang membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Sedangkan ibu hamil membutuhkan nutrisi dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

 6.Mencegah darah tinggi pada ibu hamil
Kondisi hamil biasanya akan membuat seorang wanita lebih rentan mengalami hipertensi. Hal ini akan diperparah dengan beberapa fakta bahwa ibu hamil biasanya sangat mengkhawatirkan kondisi janin dalam kandungan. Tetapi untungnya salah satu manfaat buah bit untuk kesehatan ibu hamil adalah mencegah hipertensi. Bagi anda yang sedang hamil sangat disarankan mengkonsumsi buah bit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Buah bit memang mengandung serat yang cukup tinggi yang sangat membantu dalam mencegah sembelit, dan biasanya ibu hamil  akan sering sekali mengalami masalah pencernaan yang satu ini. Serta pencernaan yang sehat akan membuat tubuh kita lebih mudah dalam mengeluarkan limbah dan racun yang tidak diinginkan.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan selalu ada dalam keadaan sehat. Jangan lupa share info ini pada semua kerabat Anda serta jangan lupa baca juga artikel lainnya selain manfaat buah bit untuk ibu hamil.

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin yang sangat penting untuk diketahui karena begitu banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya bagi tubuh.

10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin


Buah naga mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan seperti kandungan vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Karena buah ini kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu kandungan nutrisi dalam buah ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.
Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin di bawah ini :

1. Membentuk Sel Darah Merah
Di dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi di dalam buah naga berfungsi untuk pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya.

2. Sumber vitamin C
Karena jika pada masa kehamilan kita mengkonsumsi vitamin C tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Vitamin C dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah, serta membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus teratur dalam mengonsumsi vitamin C karena jika kelebihan dalam konsumsi vitamin C selama kehamilan justru bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

3. Sumber karbohidrat
Pada saat masa kehamilan mengonsumsi 9 hingga 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat per hari itu sangat diperlukan. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi Anda dan membantu pertumbuhan janin. Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat alami yang terkandung dalam buah naga. Sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji yang terkandungdalam buah naga. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda dapat mencoba makanan sumber karbohidrat tambahan dari nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.

4. Sumber Antioksidan
Karena pada saat hamil mengonsumsi antioksidan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin. Ada beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam buah naga seperti, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain buah naga, Anda bisa mendapatkan antioksidan dari sayuran dan buah lain, seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.

5. Sumber serat
Pada saat Anda sedang hamil tentunya mengonsumsi 25 sampai 35 gram serat per hari, karena serat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Buah naga sendiri mengandung 3 gram serat per 100 gram. Untuk mencukupi tambahan serat, Anda dapat mengonsumsi makanan lain, seperti sereal dan roti dari gandum utuh.

6. Sumber Lemak Sehat
Tidak hanya lemak merupakan sumber energi selama kehamilan untuk Mama dan janin, itu juga diperlukan dalam pembentukan otak janin. Dalam porsi buah naga, ada sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal.
Makan jenis lemak ini lemak jenuh atau asam lemak trans, bisa mendukung peningkatan berat badan yang sehat selama kehamilan.

7. Mengobati Sembelit
Konstipasi adalah keluhan umum yang paling diharapkan oleh para ibu. Serat tinggi dalam buah naga membantu melawan sembelit. Nutrisi dalam buah bertindak sebagai agen pembersihan untuk melawan banyak gangguan pencernaan lainnya.
Dalam seporsi buah naga mengandung serat yang cukup, ada sekitar 0,3 hingga 0,9 gram serat. Setidaknya 28 gram serat per hari direkomendasikan oleh asupan referensi makanan saat kamu hamil.

8. Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin
Buah naga juga memiliki kandungan folat yang baik dan sangat diperlukan selama masa kehamilan, karena folat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin dan perkembangan janin. Oleh karena itu folat sangat penting sekali untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, karena jika tumbuh kembang janin tidak normal,  maka janin tersebut rentan terkena keguguran dan juga rentan terkena kecacatan. Janin yang kekurangan folat bisa menderita kecacatan tabung di bagian syaraf dan juga cacat syaraf.

9. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin
Kandungan karoten yang ada di dalam buah naga, terutama buah naga merah manfaat nya yaitu untuk menyempurnakan indera penglihatan janin saat berada di dalam kandungan. Selama di dalam kandungan indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai kesempurnaan.

10. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan
Saat masa hamil tentunya ibu tidak boleh kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi, hal itu dikarenakan jika kekurangan gizi janin yang ada di dalam kandungan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Dan janin yang mengalami kekurangan gizi maka sangat rentan dilahirkan dalam kondisi mal nutrisi dan juga memiliki berat badan yang rendah. Kandungan seperti protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi yang kompleks bagi ibu dan janin yang ada di dalam rahim.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa untuk share informasi kesehatan ini pada pada semua orang yang anda kenal.
Serta baca juga artikel lainnya selain manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati yang merupakan salah satu penyakit menular seksual ini paling sering terjadi pada orang yang aktif secara seksual.

Gonore - Gejala, Penyebab, dan Mengobati


Gonorea atau biasa di sebut kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus, penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk pria maupun wanita.
Bakteri dari penyakit ini yaitu gonococcus biasanya dapat ditemukan pada cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi, serta bakteri penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing dan sperma, mata, serta tenggorokan.

Gejala Penyakit Gonore
Gejala gonore yang sering muncul di antaranya adalah
  • Adanya rasa sakit yang disertai perih saat buang air kecil
  • Adanya keluaran cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis.
Meskipun begitu namun tidak semua orang menyadari gejala yang muncul dari penyakit menular seksual ini. Bahkan ada yang mengidap kondisi ini, namun tanpa menunjukkan gejala-gejala yang ada dan biasanya disebut nonsymptomatic carrier alias pembawa non gejala. Terdapat dua gejala berbeda pada perempuan dan laki-laki.
Sehingga sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.

Biasanya gejala gonore pada pria lebih mudah dikenali dibandingkan wanita karena gejala awal pada wanita mungkin sangat ringan atau tidak begitu jelas sehingga sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih.

Penyebab Penyakit Gonore
Gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhea, dan bakteri ini merupakan suatu bakteri tertarik pada selaput lendir dari tubuh Anda atau pada daerah hangat dan lembap di saluran reproduksi Anda seperti pada leher rahim, saluran rahim, dan saluran tuba pada wanita, dan di uretra pada wanita dan laki-laki.

Perkembangan bakteri ini dapat tumbuh dengan biak, dan akteri Neisseria gonorrhea penyebab kencing nanah ini sering tertular dari satu orang ke orang lain saat adanya kontak seksual, termasuk pada hubungan oral, anal, atau vagina.

Cara Mengobati Penyakit Gonore
Untuk mengobati gonore yaitu bis dengan menggunakan antibiotik oral atau injeksi. Jika Anda terkena penyakit ini maka pasangan Anda pun harus diobati pada saat yang sama supaya tidak terjadi infeksi dan penyebaran penyakit lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa jenis antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gonore :

  • Cefixime dan sefalosporin, Antibiotik yang digunakan sebagai pengganti bila ceftriaxone tidak tersedia. Obat ini berfungsi untuk menghambat sintesis dinding sel bakteri dan digunakan bersamaan dengan azithromycin. Keduanya digunakan bila pasien tidak memiliki komplikasi.
  • Doxycycline, Antibiotik yang berfungsi untuk menghambat sintesis protein yang dapat memicu pertumbuhan bakteri. Penggunaan Doxycycline sendiri yaitu selama 10 sampai 14 hari dengan dosis 100 mg sebagai tambahan dosis tunggal ceftriaxone untuk mengobati radang panggul (PID).
  • Ceftriaxone (rocephin), Antibiotik yang biasanya digunakan secara bersamaan dengan azithromycin untuk menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri yang sudah mencapai darah.
  • Azithromycin (zithromax, zmax), Antibiotik yang biasa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Erythromycin, Salep tetes antibiotik yang direkomendasikan untuk digunakan pada bayi yang baru lahir untuk mencegah penyakit konjungtivitis (radang konjungtiva mata).

Pasien yang gejalanya tidak berangsur membaik dapat disebabkan oleh infeksi gonore lain atau kegagalan pengobatan, karena bakteri tertentu dari penyakit menular seksual ini telah menjadi kebal pada antibiotik sehingga tidak dapat lagi dibunuh oleh antibiotik tersebut. Jadi, pasien harus diberikan antibiotik yang lain untuk menyembuhkan infeksi. Ada yang perlu di ingat bahwa pada beberapa orang yang menderita gonore juga bisa terkena klamidia.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini semoga bermanfaat untuk pengunjung semua,  serta kita semua selalu ada dalam keadaan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Jangan lupa untuk share pada kerabat Anda semua tentang informasi penyakit gonore.


Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati

Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati yang harus diketahui supaya Anda dapat lebih mengetahui tentang penyakit yang satu ini dan benar dalam menanganinya.

Sinusitis - Gejala, Penyebab, dan Mengobati


Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus, sinus adalah rongga kecil berisi udara yang berada di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis sendiri termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala usia baik tua maupun muda.
Berikut di bawah ini adalah beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain:
-Sinusitis akut.
-Sinusitis Subakut.
-Sinusitis Kronis.
-Sinusitis Kambuhan.

Tanda dan Gejala Sinusitis

Berikut adalah beberapa gejala sinusitis secara umum :
  • Kepala terasa sakit
  • Adanya demam dengan suhu 38°Celcius atau bahkan lebih
  • Hidung menjadi tersumbat atau adanya cairan kuning kehijauan yang keluar
  • Nyeri pada area wajah dan ketika ditekan terasa sakit
  • Kehilangan indera penciuman
  • Napas berbau (halitosis)

Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis yang paling umum yang sering terjadi pada orang dewasa adalah karena adanya suatu pembengkakan pada dinding dalam hidung. Kondisi ini biasanya karena disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas.

Selain infeksi virus faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa adalah adanya infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Infeksi bakteri sekunder bisa terjadi setelah terjadi pilek atau flu, yang berakibat dapat menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Pada anak-anak sinusitis disebabkan oleh adanya reaksi alergi, karena tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, akibat kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam keadaan berbaring, serta di akibatkan oleh tinggal di lingkungan yang penuh asap.

Mengobati Sinusitis

Untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sinusitis yaitu dengan memberikan obat sinusitis semprot atau obat sinusitis tetes dekongestan. Untuk mengatasi sakit kepala ringan yang di rasakan, Anda dapat menggunakan obat sinusitis yang mengandung penghilang rasa sakit seperti yang mengandung paracetamol.

Antihistamin atau obat sinusitis yang disemprot ke hidung pun biasanya menjadi pilihan untuk mengatasi sinusitis, serta pemberian obat kortikosteroid yang bertujuan untuk mengurangi pembengkakan sinus, karena dengan metode ini makan sangat efektif jika Anda menderita polip hidung.

Biasanya, peradangan pada sinus adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh infeksi, sehingga antibiotik juga perlu diberikan. Selain itu, dokter juga mungkin akan melakukan prosedur pembedahan pada kasus sinus yang disebabkan oleh infeksi jamur, septum hidung yang menyimpang, atau polip hidung.

Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk para pengunjung semua dan jangan lupa share ke teman saudara atau bahkan pacarnya serta baca juga artikel lainnya selain tentang penyakit sinus.