Tips Dan Kesehatan

Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Tips dan cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi yang harus diketahui supaya dapat mengatasi masalah tersebut pada bayi anda dalam kehidupan sehari-hari.

Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi pada bayi merupakan momen yang sangat di tunggu oleh orang tua, meskipun pada proses ini biasanya bayi akan menjadi rewel karena merasakan gusi yang sakit dan gatal dan dapat menjadikan perasaan orang tua menjadi khawatir atau merasa resah.
Sebetulnya perkembangan gigi pada gusi bayi terbentuk saat si kecil masih dalam kandungan, dan pada usia 3 bulan pun bakal gigi kadang sudah terlihat. Namun pada umumnya memang tumbuhnya gigi pada bayi adalah waktu usia 6 bulan dan yang pertama tumbuh adalah gigi depan atas atau bawah.
Walaupun ini adalah fase normal yang terjadi pada bayi, namun bayi akan merasa tidak nyaman karena akan merasa sakit, dan bayi pun akan menjadi rewel bahkan terkadang sampai terjadinya panas pada bayi. Supaya anda sebagai orang tua tidak kaget atau merasa khawatir dengan kondisi bayi saat tumbuh gigi disini akan di sampikan informasi tentang Tips dan cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi.

1. Mengusap Gusi Bayi
Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengusap gusi bayi, cara ini dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat bayi tumbuh gigi. Coba anda masukkan jari anda perlahan dan pelan ke mulut bayi lalu usap gusinya karena dengan cara seperti ini sehingga akan berhenti menangis karena bayi akan merasa lebih nyaman.

2. Berikan Finger Food
Pada proses tumbuhnya gigi tentu si kecil sudah diberikan MPASI. Dalam hal ini Anda bisa memberikan finger food pada bayi sebagai upaya untuk meredakan rasa nyeri akibat proses tumbuh gigi. Berikan finger food dengan tekstur yang lembut karena si kecil belum memiliki cukup gigi untuk mnegunyah makanan tersebut.

3. Berikan Mainan
Alternatif lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan memberikan mainan gigit yang aman dan terbebas dari bahan kimia pada si kecil. Tapi sebelum anda memberikan mainan pada bayi, anda harus memasukkan mainan terlebih dahulu kedalam kulkas supaya terasa dingin dan membuat bayi lebih nyaman ketika menggigitnya.

4.Berikan Cemilan Sehat
Pada usia bayi 6 bulan anda bisa berikan cemilan yang sehat untuknya, cobalah berikan cemilan seperti wortel, buah apel karena merupakan pilihan yang tepat untuk si kecil supaya di genggam dan di gigit. Serta jangan lupa selalu dampingi bayi anda supaya terhindar dari terjadinya tersedak.

5. Konsultasi Pada Dokter
Namun jika rasa nyeri pada bayi anda tak kunjung hilang dan membuat si kecil semakin rewel bahkan sampai beberapa hari maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran dokter untuk mengatasi hal tersebut sehingga si kecil bisa kembali merasa nyaman dan tidak rewel.


Nah, itulah informasi dari clinicsehat.com kali ini yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk pengunjung semua dan anda tidak terlalu merasa khawatir dan cemas saat bayi tumbuh gigi.

Kenali 7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Kenali 7 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang jarang diketahui, karena banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah kiwi yang baik untuk kesehatan.

Buah kiwi merupakan salah satu jenis buah beri serta mempunyi rasa yang enak, sehingga banyak orang yang suka dengan buah ini dan mendapatkannya pun buah kiwi ini sangat mudah ditemui di indonesia. Tidak hanya enak ternyata buah yang satu ini dipercaya mengandung banyak sekali manfaat di dalamnya yang bisa digunakan sebagai obat alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kenali 7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Untuk lebih jelas manfaat apa saja yang di dapat jika kita mengkonsumsi buah kiwi, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan kesuburan wanita
Harus anda ketahui Buah kiwi ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Bagi anda yang berencana atau ingi punya momongan anda bisa mencoba buah yang satu ini, karena bahwa ini merupakan buah yang memiliki indeks glikemik serta kadar lemak yang rendah didalamnya,  sehingga apabila anda menerapkan gaya hidup sehat, dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan. Serta kandungan nutsisi yang terkandung dalam buah ini seperti asam folat, karbohidrat, vitamin serta protein yang sangat baik bagi tubuh anda.

2. Menyehatkan ibu hamil
Buah kiwi sendiri memiliki kandungan asam folat yang berperan penting untuk ibu hamil, serta berguna untuk mencegah terjadinya cacat pada otak dan saraf tulang belakang janin di dalam kandungan. Selain itu kiwi juga dapat mengatasi kekurangan zat besi pada ibu hamil, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko kehamilan.
3. Mencegah Radikal Bebas
Kandungan antioksidn yang terdapat pada buah kiwi terdiri dari kandungan karotenoid, polifonel, dan enzim lainnya sanggat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas didalam tubuh anda, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menyehatkan Mata
Buah kiwi juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata anda karena mempunyai kandungan vintamin A yang sangat baik. Tak hanya itu, kiwi juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung lutein dan beta-karoten.
6.Aman Untuk Penderita Diabetes
Karena buah kiwi termasuk buah yang rendah untuk indeks glikemik, yang artinya tidak akan cepat dalam menaikan gula darah. Sehingga buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Menyehatkan jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya, untuk mencegah terjadinya penyakit jantung kita bisa konsumsi buah kiwi dengan teratur karena buah ini bermanfaat untuk kesehatan jantung kita. Karena memiliki kandungan potasium rendah garam yang terdapat pada kiwi juga di percaya mampu membantu dalam menjaga tekanan darah sehingga tekanan darah kita normal serta kesehatan jantung kita akan selalu terjaga dengan baik.

Oke sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kli ini, semoga bisa bermanfaat untuk pengunjung semua dan terimakasih sudah berkunjung. inilah informasi tentang Kenali 7 Manfaat Buah Kiwi Yang Jarang Diketahui.

11 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui karena buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan telah teruji.

11 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Asam jawa buah yang memiliki nama latin tamarindus indica ini mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat, dengan rasanya yang khas yaitu masam ternyata selain digunakan untuk campuran bumbu asam jawa bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita karena kandungan nutrisi di dalamnya. Ketahuilah manfaatnya adalah sebagai berikut :

1. Membantu Sistem Saraf Supaya Bekerja Lebih Baik.
Jika tubuh kekurangan thiamin, maka anda akan sering merasa mati rasa dan otot-otot terasa lemah. Kandungan Vitamin B yangterkandung dalam asam jawa, memainkan peran penting dalam fungsi tubuh termasuk saraf dan aktivitas otot.

2. Menjaga Kesehatan Tulang.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi potasium tinggi dan magnesium memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada yang tidak. Dengan demikian jika kita mengkonsumsi asam jawa, maka secara alami tubuh anda akan meningkatkan asupan magnesium.

3. Membantu Mencegah Sembelit.
Jika anda mendapat masalah kesehatan seperti sembelit, maka anda bisa mencoba mengobatinya dengan konsumsi asam jawa. Tamarind atau asam jawa juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kelancaran pencernaan.

4. Mengontrol Tekanan Darah.
Karena pada Setiap 100 gram asam mengandung 2 kali lebih banyak kalium di banding pisang. Kalium sendiri bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol efek natrium pada tubuh sehingga tekanan darah akan tetap normal.

5. Mencegah Anemia.
Dengan mengkonsumsi asam secara rutin maka akan membantu anda melawan anemia, karena kandungan zat besi yang tinggi terkandung di dalamnya sehingga kita terhindar dari anemia atau kekurangan zat besi.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol.
Selain thiamin, kandungan niacin juga terdapat dalam asam. Niacin sendiri berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

7. Membantu Untuk Menghasilkan Energy.
Kandungan Riboflavin dalam asam jawa akan membantu melepaskan energi dari karbohidrat di dalam tubuh kita.

8. Membantu Proses Pembekuan Darah.
Tamarind juga mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium ( dengan bantuan vitamin K ) memiliki peran penting dalam proses pembekuaan darah pada luka, sehingga dengan kita mengkonsumsi tamarind maka akan membantu tubuh untuk menghentikan perdarahan saat luka.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan.
Asam juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan secara alami, karena kandungan asam hidroksisitrat atau HCA berfungsi menghambat enzim yang membantu menyimpn lemak didalam tubuh dan membantu menekan rasa lapar.

10. Menjaga Sistem Imun.
Dengan vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang terkandung di dalamnya, maka asam jawa juga memiliki manfaat meningkatkan sistem imun kita sehingga kita tidak mudah sakit.

11. Mengobati Rematik.
Bagi orang yang mempunyai penyakit rematik, cobalah mengkonsumsi asam jawa secara teratur karena dengan kandungan antiinflamasi di dalamnya asam dapat bermanfaat untuk mengobati rematik yang menyebabkan sendi terasa nyeri terutama pada orang usia lanjut atau cuaca sedang dingin.

sekian informasi dari clinicsehat.com kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua serta kita semua senantiasa dalam keadaan sehat. Itulah informasi yang di sampaikan kali ini tentang 11 manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh.


9 Manfaat Jus Wortel dan Tomat

9 manfaat jus wortel dan tomat bagi kesehatan yang wajib diketahui karena banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang terkandung di dalamnya.

9 Manfaat Jus Wortel dan Tomat

Banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jus wortel dan tomat seperti vitamin A, vitamin C, lycopen dan betakarotendan masih banyak lagi yang lainnya. Nah itulah beberapa kandungan nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan kita supaya selalu terjaga.
Dengan kita mengkonsumsi jus wortel dan tomat secara rutin, maka banyak sekali manfaat yang akan di dapat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah 9 manfaat jus wortel dan tomat yang harus anda tahu.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata
Dengan kandungan Vitamin A yang terdapat pada wortel dan tomat memang dipercaya mampu membantu mencegah penyakit mata seperti hipermetropi, katarak, miopi, dan penyakit mata lainnya.

2. Menyehatkan Paru-Paru
Dengan mengkonsumsi wortel dan tomat maka akan menjaga kesehatan organ paru-paru. Karena manfaatnya akan melindungi sistem penafasan kita dari potensi polusi udara, asap rokok, dan radikal bebas. Selain itu dengan adanya kandungan vitamin A maka akan membantu kita terhindar dari emphysema.

3. Pencegahan Penyakit Kanker
Karena memiliki kandungan lycopen maka wortel dipercaya mampu mengurangi resiko kanker, seperti kanker prostat dan kanker usus besar. Dengan begitu jika kita mengkonsumsi jus tomat dan wortel secara teratur kita dapat mencegah salah satu penyakit mematikan seperti kanker.

4. Meningkatkan Sistem Imun
Banyak sekali kandungan vitamin yang terkandung di dalam wortel dan tomat seperti Vitamin A, Vitamin C dan Antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga kita tidak akan mudah sakit.

5. Detoksifikasi
Ternyata dengan mengkonsumsi jus wortel dan tomat secara rutin dapat membantu mendetoksifikasi hati. Karena hati adalah organ yang bekerja mengeluarkan racun dalam tubuh kita, sehingga penting sekali organ ini selalu kita jaga supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sebagai sayur yang tentunya wortel dan tomat banyak mengandung serat, sehingga keduanya bermanfaat untuk mencegah kita dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Antiseptik yang terkandung di dalam tomat juga yang sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari diare.

7. Pencegahan Pada Penyakit Jantung Koroner
Dengan mengkonsumsi jus wortel dan tomat secara rutin ternyata dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Kandungan nutrisi yang terdapat pada wortel dan tomat mampu mencegah penumpukan plak pada pembuluh arteri, sehingga tidak akan terjadi penumpukan plak pada arteri ini yang nantinya dapat menyebabkan kekakuan pada arteri yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

8. Bermanfaat untuk Kesuburan dan Janin
Masalah infertilitas dapat di sebabkan oleh kurangnya nutrisi dan enzim tertentu. Sehingga dengan mengkonsumsi wortel dan tomat maka dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Selain itu, dengan adanya kalium dan vitamin C yang terkandung pada kedua jenis sayuran ini dapat membantu menyalurkan nutrisi pada janin. Tidak hanya itu tetapi wortel juga dipercaya mampu mengurangi resiko bayi lahir dengan penyakit kuning.
 
9. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kullit
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel dan tomat ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita, dengan begitu kita tidak hanya akan sehat tapi juga penampilan kita akan terlihat lebih indah. Inilah beberapa manfaatnya seperti mencegah terjadinya kulit kering, mencegah terjadinya jerawat, serta bermanfaat memutihkan kulit dari dalam.


Sekian informasi dari clinicsehat.com semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kita dengan menerapkan gaya hidup sehat, dan cobalah terapkan dalam kehidupan sehari-hari informasi yang telah kami sampaikan tentang 9 manfaat jus wortel dan tomat.


9 Manfaat Apel Hijau dan Serai

9 Manfaat apel hijau dan serai yang wajib anda ketahui, ternyata antioksidan yang terkandung di dalam apel hijau dan serai sangat bermanfaat bagi kesehatan.

9 Manfaat Apel Hijau dan Serai

Selain memilik rasa yang enak dan mudah di konsumsi buah apel hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.
Kemudian serai atau disebut juga sereh yang biasa digunakan orang untuk bumbu masak karena wanginya yang khas ini juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, dengan kita mencampur apel hijau dan serai anda akan mendapat banyak sekali manfaat bagi kesehatan.
Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang olahan apel hijau dan serai yang kaya akan manfaat ini, Ketahuilah 9 manfaat apel hijau dan serai berikut ini.

1. Mengobati Batuk
Daripada anda mengkonsumsi obat untuk mengobati batuk, anda bisa mencoba mengkonsumsi apel hijau dan serai rebus di pagi dan malam hari menjelang tidur secara teratur untuk menyembuhkan batuk anda.

2. Mengatasi Diare
Ternyata selain membuat perut anda hangat, kandungan apel hijau dan serai rebus juga dapat dimnfaatkan untuk meredakan sakit diare anda.

3. Mengobati Diabetes
Bagi penderita penyakit diabetes anda bisa mengkonsumsi air rebusan apel hijaudan serai sebanyak 3 kali sehari. Dengan begitu maka gula darah anda akan stabil atau normal.

4. Memutihkan Gigi
Nah bagi anda yang ingin memiliki gigi lebih putih dan bersih, cobalah anda konsumsi buah apel hijau dan serai, karena Kandungan asam yang terdapat dalamnya terbukti dapat membuat gigi anda lebih putih dan bersih.

5. Mengatasi Asma
Bagi anda yang menderita penyakit asma, cobalah konsumsi rebusan apel hijau dan serai sebanyak 2 sampai 3 buah apel hijau dengan serai setiap pagi hari dan konsumsilah secara teratur maka asma anda akan jarang sekali kambuh.

6. Mencegah Alzeimer
Manfaat lain dari apel hijau dan serai juga bisa anda gunakan untuk mencegah penyakit alzheimer, anda bisa mengkonsumsinya setiap hari secara rutin supaya daya ingat serta kemampuan berpikir anda tidak menurun.

7. Mencegah Katarak
Untuk pencegahan katarak anda bisa merebus satu buah apel hijau dan serai lalu mengkonsumsinya setiap pagi sebelum sarapan.

8. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat apel hijau dan serai juga bisa mencegah proses penuaan dini serta anda akan mendapatkan kulit tubuh yang lebih cerah dan kencang.

9. Mengatasi Peradangan
Selain itu manfaat Apel hijau dan serai juga terbukti sangat efektif untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.

Nah itulah informasi kesehatan dari clinicsehat.com yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat. ingat selalu terapkan gaya hidup sehat dan baca juga artikel clinicsehat.com yang lainnya karena masih banyak info dan tips kesehatan selain 9 manfaat apel hijau dan serai.


Inilah 8 Makanan Pencegah Kanker

Inilah 8 makanan pencegah kanker yang harus anda ketahui supaya kita dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada diri kita.

Karena kanker merupakan suatu penyakit mematikan dan bahkan jutaan orang di dunia meninggal akibat kanker, maka dengan cara Menerapkan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kesehatan adalah suatu cara supaya kita terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti kanker dan yang lainnya.

Inilah 8 Makanan Pencegah Kanker

Salah satunya dengan cara memilih makanan sehat yang dikonsumsi dalam kehiupan kita adalah suatu cara untuk mencegah penyakit mematikan ini. berikut adalah beberapa makanan sehat untuk pencegahan kanker :

1. Anggur Merah
Anggur ternyata buah yang sangat bermanfaat karena menghasilkan antioksidan untuk mencegah sel kanker. Kulit anggur sudah bernutrisi tinggi, seperti kalium, mangan, vitamin C, K, dan B1.

2. Selai Kacang
Selai kacang adalah teman roti yang lezat dan nikmat. Bukan cuma itu, ternyata selai kacang juga mengandung resveratrol, senyawa pencegah kanker yang bermanfaat untuk kita konsumsi sehari-hari.

3. Cokelat Hitam
Di dalam cokelat hitam, resveratrol bercampur dengan antioksidan dan mineral lain seperti zat besi, tembaga, dan mangan.

4. Ikan Salmon
Kandungan vitamin D yang terdapat dalam ikan salmon ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker, karena makanan yang kaya akan vitamin D berguna untuk membantu menghentikan prolifersi sel kanker dan prakanker.

5. Blueberry
Kandungan resveratrol tinggi layaknya pada buah beri ini sama tinggi dengan yang terkandung didalam anggur, maka jika bosan dengan anggur, blueberry bisa dijadikan pilihan yang tepat sebagai sumber senyawa pencegah kanker, serat, vitamin C, dan K, serta manga.

6. Kunyit
Bahan aktif yang terkandungdalam kunyit dapat berperan menjadi anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat berpotensi untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker.

7. Teh
Kandungan katekin yang terdapat di dalam teh merupakan penghambat pertumbuhan sel kanker. konsumsilah teh secukupnya supaya dapat mencegah terjadinya kanker.

8. Tomat
Tomat juga ternyata dipercaya bisa mencegah terjadinya kanker karena likopen yang terkandung di dalamnya, likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah terjadninya kanker.


Sekian informasi kesehatan dari clinicsehat.com kali ini, semoga dapat bermanfaat dan kita bisa menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Nah itulah beberapa cara mencegah kanker.


Asam Urat - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Asam urat adalah penyakit jenis rematik yang disebabkan oleh kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi atau biasa disebut juga penyakit arthritis.

Asam Urat - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati
 
Karena terlalu tingginya asam urat dalam darah sehingga mengakibatkan terjadinya pengkristalan sendi. Penyakit asam urat juga merupakan penyakit yang terasa menyakitkan, yang dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang datangnya tiba-tiba.

Pembentukan kristal penykit asam urat biasanya paling sering terbentuk di jempol kaki, dan juga bagian persendian dan bagian tubuh lainnya seperti lutut, pergelangan kaki, dan telapak kaki, bahkan bisa terbentuk pada saluran kemih yang mengakibatkan terbentuknya batu di saluran kemih. Penyakit asam urat juga bersiko pada semua umur tidak hanya terjadi pada usia tertentu, krena asam urat bisa menyerang orang yang masih muda dan yang sudah tua sekalipun. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan.

Gejala Asam Urat
Secara umum penyakit asam urat biasanya ditandai dengan gejala sebagai berikut :
  • Nyeri sendi mendadak terjadi pada malam hari atau pagi hari
  • Sendi terasa panas
  • Tampak kemerahan dan bengkak pada sendi
  • Terjadi demam pada saat nyeri
Gejala di atas biasanya terjadi secara mendadak, pada sebagian kasus ada yang berlangsung beberapa jam selama 1-2 hari, tetapi pada penderita yang sudah parah bisa terjadi sampai berminggu-minggu, bahkan ada pula yang sampai berbulan-bulan.

Penyebab Asam Urat
Sebenarnya penyebab asam urat sendiri di sebabkan terlalu banyaknya produksi kadar asam urat dalam darah. Berikut adalah faktor penyebab lainnya seperti :
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin berlebih seperti jeroan hewan, beberapa jenis seafood (sarden,teri,kerang), dan daging merah.
  • Ketidakmampuan ginjal membuang kadar asam urat yang berlebih dengan tuntasi melalui urin.
  • Asam urat yang berlebih kan berpadu dengan natrium sehingga membentuk jaringan kristal natrium dalam persendian sehingga terjadi endapan yang biasa disebut topus dan mengakibatkan terjadinya peradangan.
  • Mengkonsumsi obat seperti aspirin, diuretik, dan beberapa obat kemoterapi.
  • Komplikasi akibat memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, sindrom metabolik, leukimia, kolesterol tinggi, penyakit ginjal dan obesitas.

Pengobatan asam urat
Pada penderita penyakit asam urat akan dilakukan pengobatan sebagai berikut :
  • Dengan memberikan obt-obatan untuk mengobati penyakit asam urat seperti obat antiinflamasi nonsteroid dan colchicine, atau berikan obat kortikosteroid pada sebagian pasien yang tidak bisa knsumsi dua obat tadi.
  • Pada pasien yang mengalami nyeri hebat maka konsumsi obat seperti allopurinol untuk menghambat produksi asam urat dan probenecid untuk membuang asam urat berlebih di dalam tubuh.
  • Supaya tidak terjadi serangan asam urat kembali, penderita di anjurkan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi seperti yang tidak mengandung purin berlebih, banyak minum air putih untuk membantu membuang purin di dalam tubuh.

Sekian informasi yang dapat di sampaikan oleh clinicsehat.com pada artikel ini, Semoga dapat menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa baca juga artikel lainnya selain tentang penyakit asam urat.